HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KESEHATAN LINGKUNGAN DAN KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA

Asep Sachrudin, Yossa Istiadi, Eka Suhardi

Abstract


ABSTRAK. Penelitian digolongkan dalam penelitian korelasional yaitu suatu penelitian yang dirancang untuk mendapatkan informasi tentang hubungan antara variabel-variabel yang berbeda dalam suatu populasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswi SMP Negeri kelas IX di Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor yang berjumlah 1350 siswa. Adapun Sampel dalam penelitian ini diambil 257 siswa dari populasi dengan menggunakan teknik Multistage Proporsional Random Sampling.

Metode yang digunakan yaitu metode survey dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptik dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis dengan menggunakan teknik analisis regresi dan korelasi sederhana, dan teknik analisis regresi dan korelasi ganda. Sebelum pengujian hipotesis dilakukan,  pengujian persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran, dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 0,05.

Penelitian menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: pertama terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara pemahaman kesehatan lingkungan dengan perilaku hidup sehat siswa dengan persamaan regresi Ŷ = 114,367 + 0,743X1dan koefisien korelasi ry1 sebesar 0,473 serta koefisien determinasi r2y1 sebesar 0,224. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara konsep diri dengan perilaku hidup sehat Siswa dengan persamaan regresi              Ŷ = 93,348 + 0,282 X2dan koefisien korelasi ry2 sebesar 0,470 serta koefisien determinasi r2y2 sebesar 0,221. Ketiga terdapat  hubungan yang positif dan sangat signifikan antara pemahaman kesehatan lingkungan dan konsep diri secara bersama-sama dengan perilaku hidup sehat siswa dengan persamaan regresi          Ŷ =  98,448 + 0,450 X1+ 0,166 X2 dengan koefisien korelasi ry.12  sebesar 0,516 serta koefisien determinasi r2y.12 sebesar 0,266.

Berdasarkan hal-hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perilaku hidup sehat siswa dapat ditingkatkan melalui pemahaman kesehatan lingkungan dan konsep diri.

 

Kata kunci: Perilaku Hidup Sehat Siswa, Pemahaman Kesehatan Lingkungan dan Konsep Diri. 


References


Anon. Petunjuk Teknis Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Sekolah. Bandung: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, 2009.

-------. 10 Pesan Hidup Sehat Dalam Kedaruratan. Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan Kementrian Kesehatan RI dan UNICEF, 2012.

--------. Perbedaan Kesehatan Lingkungan dan Sanitasi Lingkungan. 16 Desember 2012 (http://pakarlingkungan.com/perbedaan-kesehatan-lingkungan-dan-sanitasi-lingkungan/)

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Anderson, Lorin W. dan David R. Krathwohl. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan assessmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Azwar, Saifuddin. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Budiningsih, C. Asri. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005.

Dahar, Ratna Wilis. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga, 1994.

Dainur. Materi-Materi Pokok Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Widya Medika, 2000

Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Bandung, 2009.

Djaali, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara, 2010

Davis, Keith & John W. Newstrom. Perilaku dalam Organisasi. Jakarta; Erlangga.

Desmita. Psikologi Perkembangan Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobri Sutikno. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT. Refika Aditama, 2007.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika, 2008.

Kluytmans, Frits. Perilaku Manusia. Bandung: Refika Aditama, 2006.

Kementerian Kesehatan RI. Undang-undang Republik Indonesia No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan.

Kreitner, Robert and Angelo Kinicki. Organizational Behavior. New York: Mc Graw Hill Companies, 2010.

Lahey, Benjamin B.. Essentials of Psychology. New York: University of Chicago, 2002.

Mulia, Ricki M. Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.

Masjhur, Johan S.. Manusia Kesehatan dan Lingkungan. Bandung: PT Alumni, 2007.

Mubarak, Wahid. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Teori dan Aplikasi. Jakarta; Salemba Merdeka, 2009.

Notoatmodjo, Soekidjo. Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Puspasari, Amaryllia. Mengukur Konsep Diri Anak. Jakarta: Elek Media Komputindo, 2007.

Priadi, Agus. Hubungan antara Pola Asuh orang Tua dan Konsep Diri dengan Perilaku Lingkungan Pada Mahasiswa-Mahasiswi Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Sarana Informatika. Jakarta: Tesis Universitas Negeri Jakarta, 2012.

Pratiwi, Niniek Lely. Pemberdayaan Masyarakat dan Perilaku Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press, 2013.

Ruhiyat, Dudeh. Hubungan antara pemahaman tentang sanitasi lingkungan dan komitmen terhadap lingkungan dengan perilaku pengelolaan lingkungan kampus. Jakarta: Tesis Universitas Negeri Jakarta, 2004.

Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Komunikas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakaya, 2005.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2006.

Santrock, John W. Remaja. terjemahan Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga, 2007.

Siswanto, Hadi dkk. Etika Profesi Sanitarian dan Pembangunan Berwawasan Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Kepribadian. Jakarta; Raja GrafindoPersada, 2010.

Shane, Mc. and Von Glinow, Organization Behavior. New York: Mc Graw Hill Companies, 2010.

Sidjabat, B.S. Membangun pribadi Unggul. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat. Metodologi Penelitian. Bandung: CV Mandar Maju, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatid dan R&D. Bandung:Alfabeta, 2011.

Suryanto. Peranan Pola Hidup Sehat terhadap Kebugaran Jasmani. Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi FIK UNY, 2011.

Taufik, M.. Prinsip-prinsip Promosi kesehatan dalam bidang Keperawatan. Jakarta: Infomedika, 2007.

Thalib, Syamsul Bachri. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

World Health Organization. International Health Conference. New York: Official Records of the World Health Organization, 1946.

----------------------------------. “Healthly Living : What is Healthy Lifestyle”. WHO Regional Office for Europe, Copenhagen, 1999.

Waluyo, Kusno. Gizi dan Pola Hidup Sehat. Bandung: Yrama Widya, 2007.

Woolfolk, Anita. Educational Psychology. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Yusuf, Syamsul. Psikologi dan Perkembangan Anak Remaja. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 200


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.