HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG SUMBER DAYA ALAM DAN ETIKA LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU HEMAT ENERGI SISWA MTS DI KECAMATAN CIPAYUNG KOTA DEPOK

Dewi Sartika

Abstract


Abstrak. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian korelasi (hubungan) yang terdiri atas dua variabel bebas yaitu Pengetahuan Sumber Daya Alam (X1) dan Etika Lingkungan (X2) dengan satu variabel terikat yaitu Hemat Energi (Y).

Penelitian ini dilaksanakan pada siswa sekolah Madrasah Tsanawiyah di Kota Depok (setara dengan SLTP) kelasVIII yaitu : MTs Arrahmaniyah, MTs Qotrun Nada dan MTs Wahid Hasyim. Dari perwakilan tiap-tiap sekolah yang ada dalam populasi yang jumlahnya 223 Siswa selanjutnya di sesuaikan dengan jumlahnya masing-masing menggunakan rumus alokasi Proportional Random Sampling  dengan menggunakan rumus Slovin. Maka hasilnya berjumlah 143 Siswa.Metode pengambilan data penelitian di lapangan menggunakan metode survey sementara itu metode statistik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi, analisis regresi sederhana dan juga analisis regresi berganda.  Pengukuran hipotesis diambil pada taraf signifikansi  α = 0,05.

Berdasarkan dari hasil-hasil perhitungan didapat tiga hasil penelitian yang utama yaitu : Pertama, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara pengetahuan sumber daya alam dengan perilaku hemat energi siswa yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,7200. Kedua, terdapat hubungan positif yang signifikan antara etika lingkungandengan perilaku hemat energi siswa yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (ry2) sebesar 0,6665 dan didukung persamaan regresi Ŷ2 = 44,4026 + 0,5961 X2. Ketiga, Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara pengetahuan sumber daya alam dan etika lingkungansecara bersama-sama dengan perilaku hemat energi siswa.

 

Kata Kunci : Pengetahuan Sumber Daya Alam, Etika Lingkungan, Hemat Energi


References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Anderson, Lorin W. dan David R. Krathwohl. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan assessmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Azwar, Saifuddin. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Budiningsih, C. Asri. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005.

Dainur. Materi-Materi Pokok Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Widya Medika, 2000

Djaali, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara, 2010

Davis, Keith & John W. Newstrom. Perilaku dalam Organisasi. Jakarta; Erlangga.

Desmita. Psikologi Perkembangan Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobri Sutikno. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT. Refika Aditama, 2007.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika, 2008.

Kluytmans, Frits. Perilaku Manusia. Bandung: Refika Aditama, 2006.

Kreitner, Robert and Angelo Kinicki. Organizational Behavior. New York: Mc Graw Hill Companies, 2010.

Lahey, Benjamin B.. Essentials of Psychology. New York: University of Chicago, 2002.

Mubarak, Wahid. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Teori dan Aplikasi. Jakarta; Salemba Merdeka, 2009.

Notoatmodjo, Soekidjo. Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Puspasari, Amaryllia. Mengukur Konsep Diri Anak. Jakarta: Elek Media Komputindo, 2007.

Pratiwi, Niniek Lely. Pemberdayaan Masyarakat dan Perilaku Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press, 2013.

Soemirat, Juli. Epidemiologi Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah mada University Press, 2005.

------------------. Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2011.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2006.

Santrock, John W. Remaja. terjemahan Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga, 2007.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Kepribadian. Jakarta; Raja GrafindoPersada, 2010.

Shane, Mc. and Von Glinow, Organization Behavior. New York: Mc Graw Hill Companies, 2010.

Sidjabat, B.S. Membangun pribadi Unggul. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat. Metodologi Penelitian. Bandung: CV Mandar Maju, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatid dan R&D. Bandung:Alfabeta, 2011.

Taufik, M.. Prinsip-prinsip Promosi kesehatan dalam bidang Keperawatan. Jakarta: Infomedika, 2007.

Thalib, Syamsul Bachri. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

World Health Organization. International Health Conference. New York: Official Records of the World Health Organization, 1946.

----------------------------------. “Healthly Living : What is Healthy Lifestyle”. WHO Regional Office for Europe, Copenhagen, 1999.

Waluyo, Kusno. Gizi dan Pola Hidup Sehat. Bandung: Yrama Widya, 2007.

Woolfolk, Anita. Educational Psychology. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Yusuf, Syamsul. Psikologi dan Perkembangan Anak Remaja. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 200


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.