PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) DI KELAS 5 SDN POLISI 1 KOTA BOGOR

Sri Waryana

Abstract


ABSTRAK : Penelitian tindakan ini bertujuan mengetahui penggunaan model pembelajaran modifikasi Numbered Head Together dan Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PLH pada materi pencemaran lingkungan.

            Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan. Perencanaan penelitian tindakan ini mempunyai langkah-langkah seperti: 1) Observasi awal; 2) Menentukan tempat penelitian dan masalah yang akan diteliti; 3) Mengurus perijinan; 4) Menjajaki tempat penelitian; 5) Mengumpulkan informasi awal tentang hasil belajar Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas 5.

Karakteristik yang dimiliki siswa kelas 5C SD Negeri Polisi 1 Kota Bogor pada dasarnya sama dengan kelas paralel lainnya, artinya tingkat kemampuan/prestasinya cenderung sama, demikian juga status ekonominya.

Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Untuk siswa akan diteliti tentang perolehan hasil belajar Pendidikan Lingkungan Hidup serta antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan belajar PLH. Guru akan diteliti tentang aktivitas yang dilakukan dalam proses pembelajaran dan mengenai kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dan Picture and Picture..

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dan  Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup.

 

Kata Kunci       :     Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together, Picture and Picture, Hasil Belajar Pendidikan Lingkungan Hidup


References


Alipadie, Imansjah, Dikdaktik dan Metodik Pendidikan Usaha Nasional,Surabaya, Dian Aksara, 2004

Anderson, Lorin W. & David R. Krathwohl, Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Mengajar, Dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom),Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001

Anuradha, Pembelajaran Kolaboratif,Jakarta: Bina Aksara, 2004

Asrori, Belajar dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta, 2005

Bono, Edward de, Aplikasi Model Pembelajaran,Jakarta: Bumi Aksara, 2005

Covey, Stephen dalam Asrori, Belajar dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta, 2005

Dick, Walter dan Lou Carey, The Systematic Design of Instruction. (Scott: Foresman, 2006

Dimyati dan Moedjiono, Belajar dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Djahiri, Achmad Kosasih, Pengajaran Studi Sosial,Bandung: IKIPBandung, 2002

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Belajar dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif,Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Gyallay, Peter, Environment: PAP-ETAP, Reference Guide Book, 2003

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Hamzah, Syukri, Pengembangan Model Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Lokal dalam Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Bengkulu: Universitas Bengkulu, 2011

Jacobs, George, Cooperative Learning ; Theory, Principles and Techniques,Thousand Oaks,CA: Corwin Press, 2002

Koentjaraningrat, Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan,Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007

Koentjaraningrat, Pengantar Antropologi,Jakarta: Aksara Baru, 2001

Makmun, Abin Syamsuddin, Psikologi Pendidikan,Bandung: PT Rosda Karya Remaja, 2003

Mukhtar, Model Pembelajaran yang Berhasil,Jakarta: Nimas Multima, 2005

Nasution, S., Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar,Bandung: Pustaka Grafika, 2003

NK., Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar,Jakarta: Bina Aksara, 2004

Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan,Bandung: Rosdakarya, 2003

Riyanto, Yatim, Paradigma Baru Pembelajaran : Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas,Jakarta: Kencana, 2010

Rusman, Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru,Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Sadiman, Arief S., Media Pendidikan,Jakarta: RajaGrafindo, 2003

Sastrawijaya. A., Pengembangan Program Pengajaran,Jakarta: Rineka Cipta, 2001

Semiawan, Conny, Metode Mengajar Untuk Guru,Jakarta: PT. Index, 2008

Slameto, Evaluasi Pendidikan,Jakarta: Bumi Aksara, 2003

Slavin, Robert E., Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktek, Penerjemah Nurlita Yusron. (Bandung : Nusa Media, 2008

Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan,Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2001

Soemarwoto, Otto, Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan,Jakarta: Djambatan, 2004

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran,Bandung: Sinar Baru, 2012

Sukardi, Dewa Ketut, Hasil Belajar dan Pengukuran,Bandung: Rosdakarya, 2011

Suparman, Atwi, Model-Model Pembelajaran Interaktif,Jakarta: STIA Press, 2001

Surakhmad, Winarno, Pengantar Interaksi Mengajar Belajar Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran,Bandung: Tarsito, 2000

Susilowati, Endang, Implementasi Model Pembelajaran,Jakarta: Grametode, 2005

Sutikno, M.Sobri, Menggagas Pembelajaran Efektif dan Berkualitas,Jakarta: Kencana, 2010

Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2003

Uno, Hamzah. B., Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran,Jakarta: Bina Aksara, 2006

Wiryawan, Sri Anitah, Penerapan NumberHead Together dalam Pembelajaran Kelas,Jakarta: Rineka Cipta, 2000


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.