PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) DI KELAS 5 SDN POLISI 1 KOTA BOGOR
Abstract
ABSTRAK : Penelitian tindakan ini bertujuan mengetahui penggunaan model pembelajaran modifikasi Numbered Head Together dan Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PLH pada materi pencemaran lingkungan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan. Perencanaan penelitian tindakan ini mempunyai langkah-langkah seperti: 1) Observasi awal; 2) Menentukan tempat penelitian dan masalah yang akan diteliti; 3) Mengurus perijinan; 4) Menjajaki tempat penelitian; 5) Mengumpulkan informasi awal tentang hasil belajar Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas 5.
Karakteristik yang dimiliki siswa kelas 5C SD Negeri Polisi 1 Kota Bogor pada dasarnya sama dengan kelas paralel lainnya, artinya tingkat kemampuan/prestasinya cenderung sama, demikian juga status ekonominya.
Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Untuk siswa akan diteliti tentang perolehan hasil belajar Pendidikan Lingkungan Hidup serta antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan belajar PLH. Guru akan diteliti tentang aktivitas yang dilakukan dalam proses pembelajaran dan mengenai kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dan Picture and Picture..
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dan Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together, Picture and Picture, Hasil Belajar Pendidikan Lingkungan Hidup
References
Alipadie, Imansjah, Dikdaktik dan Metodik Pendidikan Usaha Nasional,Surabaya, Dian Aksara, 2004
Anderson, Lorin W. & David R. Krathwohl, Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Mengajar, Dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom),Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001
Anuradha, Pembelajaran Kolaboratif,Jakarta: Bina Aksara, 2004
Asrori, Belajar dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Bono, Edward de, Aplikasi Model Pembelajaran,Jakarta: Bumi Aksara, 2005
Covey, Stephen dalam Asrori, Belajar dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Dick, Walter dan Lou Carey, The Systematic Design of Instruction. (Scott: Foresman, 2006
Dimyati dan Moedjiono, Belajar dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Djahiri, Achmad Kosasih, Pengajaran Studi Sosial,Bandung: IKIPBandung, 2002
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Belajar dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif,Jakarta: Rineka Cipta, 2000
Gyallay, Peter, Environment: PAP-ETAP, Reference Guide Book, 2003
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Hamzah, Syukri, Pengembangan Model Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Lokal dalam Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Bengkulu: Universitas Bengkulu, 2011
Jacobs, George, Cooperative Learning ; Theory, Principles and Techniques,Thousand Oaks,CA: Corwin Press, 2002
Koentjaraningrat, Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan,Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007
Koentjaraningrat, Pengantar Antropologi,Jakarta: Aksara Baru, 2001
Makmun, Abin Syamsuddin, Psikologi Pendidikan,Bandung: PT Rosda Karya Remaja, 2003
Mukhtar, Model Pembelajaran yang Berhasil,Jakarta: Nimas Multima, 2005
Nasution, S., Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar,Bandung: Pustaka Grafika, 2003
NK., Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar,Jakarta: Bina Aksara, 2004
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan,Bandung: Rosdakarya, 2003
Riyanto, Yatim, Paradigma Baru Pembelajaran : Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas,Jakarta: Kencana, 2010
Rusman, Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru,Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Sadiman, Arief S., Media Pendidikan,Jakarta: RajaGrafindo, 2003
Sastrawijaya. A., Pengembangan Program Pengajaran,Jakarta: Rineka Cipta, 2001
Semiawan, Conny, Metode Mengajar Untuk Guru,Jakarta: PT. Index, 2008
Slameto, Evaluasi Pendidikan,Jakarta: Bumi Aksara, 2003
Slavin, Robert E., Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktek, Penerjemah Nurlita Yusron. (Bandung : Nusa Media, 2008
Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan,Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2001
Soemarwoto, Otto, Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan,Jakarta: Djambatan, 2004
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran,Bandung: Sinar Baru, 2012
Sukardi, Dewa Ketut, Hasil Belajar dan Pengukuran,Bandung: Rosdakarya, 2011
Suparman, Atwi, Model-Model Pembelajaran Interaktif,Jakarta: STIA Press, 2001
Surakhmad, Winarno, Pengantar Interaksi Mengajar Belajar Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran,Bandung: Tarsito, 2000
Susilowati, Endang, Implementasi Model Pembelajaran,Jakarta: Grametode, 2005
Sutikno, M.Sobri, Menggagas Pembelajaran Efektif dan Berkualitas,Jakarta: Kencana, 2010
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2003
Uno, Hamzah. B., Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran,Jakarta: Bina Aksara, 2006
Wiryawan, Sri Anitah, Penerapan NumberHead Together dalam Pembelajaran Kelas,Jakarta: Rineka Cipta, 2000
Refbacks
- There are currently no refbacks.