PENERAPAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

Nugroho Adi Suryandaru

Abstract


The purpose of this study is to analyze the use ofmultimedia in learning. The research method is meta-analysis. The research begins
by formulating the problem, then proceed by collecting existing research data through Google Scholar search. From the research obtained in the
form of 7 relevant scientific journals. Research results from researchers were analyzed by quantitative comparison methods. Based on the results
of the analysis, the use of multimedia in learning can improve student learning outcomes from the lowest 0.1% to the highest1.2%.

Keywords


effective learning; use of multimedia; improved learning outcomes

References


Surasmi, W. A. (2016). Pemanfaatan Multimedia Untuk

Mendukung Kualitas Pembelajaran. Prosiding Temu

Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, 593-607. [Online]

http://repository.ut.ac.id/6555/1/TING2016ST2-32.pdf

Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan

Multimedia Dalam Media Pembelajaran Interaktif

Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Amaliah:

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1-5. [Online]

https://jurnal-

lp2m.umnaw.ac.id/index.php/AJPKM/article/view/289/

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan

Multimedia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan

Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis

Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 153-166. [Online]

https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/viewFile/

/6496

Ramdan, M., Hamidah , I., & Purnawan. (2015).

Penerapan Pola Pembelajaran Berbasis Multimedia

Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Smk Pada

Materi Katup Pneumatik. Journal of Mechanical

Engineering Education, Vol. 2, No. 1, 83-90. [Online]

https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/downloa

d/1157/805

Rusmiyati, R., Nurkamto, J.,(2014) Haryanto,

S.Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran

Bahasa Sastra Indonesia Di Smp Negeri 2 Bawen

Kabupaten Semarang.Jurnal Teknologi Vol.2, No.2,

-184. [Online]

https://media.neliti.com/media/publications/141552-

ID-penggunaan-multimedia-dalam-pembelajaran.pdf

Yusuf, B. B. (2018). Konsep Dan Indikator

Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan

Keilmuan, 13-20. [Online]

http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jurnalkpk/article/vie

w/25082/75676576424

Rahutama, R. (2016). Penerapan Media Pembelajaran

Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs 6 Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi

Inti Sistem Air Conditioner (Ac) Kelas Xii Tkr 4 Di Smk

Maarif 1 Watesâ€. Skripsi. Fakultas Teknik. Program

Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Universitas Negeri

Yogyakarta. Yogyakarta [Online]

http://eprints.uny.ac.id/61337/1/SKRIPSI_RYAN%20

RAHUTAMA_10504249003_PENERAPAN%20MED

IA%20PEMBELAJARAN%20MULTIMEDIA%20IN

TERAKTIF.pdf

Bernard, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Dengan

Menggunakan Multimedia Macromedia Falsh

Terhadapkemampuan Penalaran Matematik. Prosiding

Seminar Nasional Pendidikan Matematika

ProgramPasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung, 425-

[Online] https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-

content/uploads/sites/6/2018/04/prosiding-yang-akan-

dipublis-2014.pdf

Diputra, K. (2016). Pengembangan Multimedia

Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv

Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Indonesia, 125-133.

[Online]

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/vie

w/8475/8608

Anugraheni , I. (2018). Meta Analisis Model

Pembelajaran Problem Based Learning dalam

Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah

Dasar. A Journal of Language, Literature, Culture, and

Education , 9-18.

https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/789

Triyanti, M. (2015). Pengembangan Multimedia

Interaktif pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan

Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI . Jurnal

BIOEDUKATIKA Vol. 3 No. 2, 9-14. [Online]

http://bioedukatika.uad.ac.id/wp-

content/uploads/2015/12/2.-Jurnal-Bioedukatika-Merti-

-14.pdf

Wati, U. A. (2010). Pengembangan Multimedia

Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Pembelajaran

Terpadu. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Tahun 1

Volome 1, 1-16. [Online]

http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310871/penelitian/

Pengembangan+Multimedia+Pembelajaran+Untuk....P

embelajaran+Terpadu_1.pdf

Hamdi , H., Zulhendri , A., & Kamus. (2013).

Pembuatan Multimedia Interaktif Menggunakan

Moodle Pada Kompetensi Mengamati Gejala Alam Dan

Keteraturannya Untuk Pembelajaran Siswa Sma Kelas

XI Semester I. ILLAR OF PHYSICS EDUCATION,

Vol. 1. April, 55-62. [Online]

http://103.216.87.80/students/index.php/pfis/article/do

wnload/491/280

Rustini, T. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Ips Dan

Self Esteem Siswa Sd Melalui Multimedia Dalam

Pembelajaran Ips (Penelitian Kuasi Eksperimen Di

Kelas Iv Sdn Di Kecamatan Cibiru-Bandung) .

EduHumaniora : Vol. 6 No. 2, 115-124. [Online]

https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article

/download/4576/3174

Maharani , Y. S. (2010). Efektivitas Multimedia

Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum 2013.

Indonesian Journal of Curriculum and Educational

Technology Studies, 31-40. [Online]

https://www.learntechlib.org/d/209296/

Wahyuni, E. (2011). Pengaruh Pemanfaatan

Multimedia Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap

Pemerolehan Belajar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 694-

[Online]

http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/downloa

d/338/34




DOI: 10.33751/jssah.v2i1.6090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.