KRITIK SOSIAL TERHADAP KERUSAKAN ALAM PADA FILM DISNEY BAMBI

Riana Putri Anugrah

Abstract


Menanamkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sejak usia dini merupakan hal yang krusial dalam membentuk generasi yang mencintai alam. Masa anak-anak adalah fase penting dalam pembentukan pola pikir dan sikap, sehingga upaya menanamkan kepedulian terhadap lingkungan pada masa ini menjadi sangat tepat. Penelitian ini bertujuan menganalisis kritik sosial terhadap kerusakan alam yang tergambarkan dalam film Bambi pada tahun 1942 produksi Walt Disney. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menganalisis adegan-adegan film yang mengandung kritik sosial terhadap aktivitas manusia terhadap alam. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam film Bambi, manusia digambarkan sebagai penghancur lingkungan melalui aktivitas seperti perburuan, penembakan, pembakaran, dan perusakan ekosistem. Film Bambi tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan, tetapi juga sebagai media edukasi yang menyampaikan pesan penting mengenai pelestarian lingkungan dan dampak buruk dari ketidakseimbangan manusia terhadap alam. Penelitian ini juga menunjukkan bagaimana film dapat berfungsi sebagai sarana atau alat pendidikan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan pada anak-anak sejak dini.

 

Kata kunci: Bambi; disney; kerusakan alam; kritik sosial; sastra anak.


Keywords


bambi; disney; kerusakan alam; kritik sosial; sastra anak.

References


Adipradana, M. I. (2016). Kritik sosial dalam film (Studi analisis semiotika kritik sosial dalam film A Copy of My Mind karya Joko Anwar). Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, 85(1), 6.

Apriliany, L., & Hermiati, D. (2021). Peran media film dalam pembelajaran sebagai. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 15-16, 191–199.

Arfah, S. D. H., & Suharmoko, S. (2022). Kritik Sosial Dalam Musik: Analisis Tekstual Representasi Kritik Sosial Dalam Lirik Lagu Papua Kucinta‟ Karya Iksan Skuter. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 2(1), 100-109.

Dite, S. A. (2023). Representasi Identitas Jawa Pada Cerita Maya (Film Maya Daya Raya) Melalui Analisis Unsur Sinematik: Mise en Scene. TONIL: Jurnal Kajian Sastra, Teater dan Sinema, 20(1), 8-20.

Herman Didipu, S. R. M. (2020). Sastra anak: Apresiasi, kajian, dan pembelajarannya. In Salam (Ed.), Sustainability (Vol. 11, Issue 1). Ideas Publishing.

Krissandi, D. S., Febriyanto, B., Agung, K., & Radityo, D. (2018). Sastra anak. Kreativitas: Jurnal PKM Ilmu Sastra, 2, 1–145.

Laksonia, R. R., & Wijaksono, D. S. (2022). Representasi kritik sosial kerusakan lingkungan dalam film animasi Princess Mononoke karya Hayao Miyazaki. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 6(1), 215 228.

Lestari, N. D., & Dite, S. A. (2023). Non-Diegetic Sound sebagai Represetasi Suara Hati Pada Film Puisi “Ruang Batin”. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, 15(2), 169-178.

Murdiyanto, E. (2020). Metode penelitian kualitatif (Sistematika penelitian kualitatif). Yogyakarta Press.

Nurgiyantoro, B. (2004). Sastra anak: Persoalan genre. Journal UGM, 16(2), 107–112.

Perdana, R. A. (2022). Representasi Nasionalisme dan Implementasi Profil Pelajar Pancasila pada Film “Susi Susanti-Love All” dalam Perspektif Semiotika Roland Barthes. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 339-351.

Rahardian Cahyo Putranto, B. Riyanto, & S. (2020). Representasi kritik sosial dalam film The Platform. Program Studi Ilmu Komunikasi, September 2019, 121–136.

Rokhayati, R., & Nafilah, I. (2021). Perkembangan psikologi anak dan pengenalan sastra anak. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 4(2), 205-211.

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al- Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 48–60.

Zailani, A. R., Fitriyana, N., Fatah, F. M., & Firmansyah, D. (2023). Analisis Nilai-Nilai Sastra Sebagai Pengembangan Karakter Anak dalam Dongeng †œSi Kancil Kena Batunyaâ€. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 7(2), 369-377.

Zulfirman, R. (2022). Implementasi metode outdoor learning dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v6i2.11549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.