STRUKTUR, KONTEKS, DAN FUNGSI CERITA RAKYAT KARANGKAMULYAN

Yang Yang Merdiyatna

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi keingintahuan peneliti terhadap cerita rakyat. Peneliti mengkaji cerita rakyat yang berada di daerah Karangkamulyan Kabupaten Ciamis. Penelitian ini bertujuan mengkaji dari aspek struktur, konteks, dan fungsi. Penelitian ini pun mendeskripsikan tokoh atau sosok yang muncul dari cerita, konteks, dan fungsinya. Hasil deskripsi tersebut memunculkan tokoh yang patut dijadikan panutan atau pelajaran bagi generasi muda sekarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil kajian struktur menunjukkan fakta cerita tentang tokoh karuhun atau leluhur, putra mahkota kerjaaan, serta tokoh lainnya yang pantas untuk menjadi teladan. Tokoh tersebut mencerminkan leluhur bangsa pada umumnya dan Sunda pada khususnya yang sangat visioner dan sangat memperhatikan kepentingan bersama. Hasil kajian konteks menunjukkan cerita memiliki konteks dalam penuturan. Hasil kajian fungsi menunjukkan adanya fungsi tertentu terhadap masyarakat. Dengan demikian, kajian terhadap cerita rakyat di daerah Karangkamulyan ini menunjukkan adanya karakter tokoh yang pantas dijadikan teladan, konteks cerita dengan daerah Karangkamulyan yang memiliki keterkaitan, dan fungsi yang memiliki pengaruh terhadap masyarakat.

 

Kata Kunci: Cerita Rakyat, Struktur, Konteks, dan Fungsi.


References


DAFTAR PUSTAKA

Ahimsa-Putra, H. S. (2001). Strukturalisme Levi-Strauss: Mitos dan Karya Sastra. Yogyakarta: Galang Press.

Badrun, A. (2003). Patu Mbojo: Struktur, Konteks Pertunjukan, Proses

Penciptaan, dan Fungsi (Disertasi).

Depok: FIB UI.

Hutomo, S. S. (1991). Mutiara yang Terlupakan Pengantar Studi Sastra Lisan.

Jawa Timur: HISKI.

Kurniawan, H. (2009). Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ratna, N. K. (2007). Teori, Metode, dTeknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusyana, Y. dan Raksanagara, A. (1978). Sastra Lisan Sunda: ceritera karuhun, kajajaden, dan dedemit. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Stanton, R. (2007). Teori Fiksi (Sugihastuti&Rossi Abi Al Irsyad, Penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v1i2.1283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.