RESISTENSI DALAM NOVEL HULUBALANG RAJA KARYA NUR SUTAN ISKANDAR: KAJIAN POSKOLONIAL

Abi Dapit, Prapto Waluyo, Agatha Trisari

Abstract


Artikel ini merupakan sebuah kajian poskolonial yang mendeskripsikan resistensi di dalam novel Hulubalang Raja karya Nur Sutan Iskandar. Artikel ini menggunakan metode analisis deskriptif dan dekonstruksi. Artikel ini menggunakan pendekatan unsur intrinsik. Penelitian ini berfokus pada perlawanan dan mimikri yang terjadi di dalam novel Hulubalang Raja. Untuk menggambarkan perlawanan dan mimikri tersebut, perilaku orientalisme dalam novel ini dianalisis. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, di dalam novel Hulubalang Raja, perilaku orientalisme merupakan dikotomi yang dikonstruksi oleh Belanda. Hal ini dilakukan agar Belanda dapat mengeksploitasi masyarakat Minangkabau dan memengeruhi perilaku orientalisme juga dilakukan oleh anak negeri. Kedua, resistensi yang terjadi di dalam novel Hulubalang Raja adalah perlawanan tokoh Raja Adil atas represi dari pihak yang berserikat dengan kompeni. Di dalam kajian poskolonial, hal itu disebut reristensi radikal. Ketiga, mimikri yang dilakukan oleh tokoh Hulubalang Raja dan berada di pihak yang berserikat dengan kompeni merupakan mimikri untuk mempertahankan eksistensi diri. Di dalam kajian poskolonial, hal itu disebut resistensi pasif.

 

Kata Kunci: konflik orientalisme; poskolonial; resistensi.


References


Damono, S.D. (2013). Sosiologi Sastra, Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Editum.

Endraswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Faruk. (2016). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gandhi, L. (2014). Teori Poskolonial: Upaya Meruntuhkan Hegemoni Barat (Yuwan Wahyutri & Nur Hamidah, Penerjemah.). Yogyakarta: Penerbit Qalam.

Iskandar, N. St. (2008). Hulubalang Raja: Kejadian di Pesisir Minangkabau tahun 1662-1667. Jakarta: Balai Pustaka.

Mahayana, M.S., Sofyan, O., Dian, A. (2007). Ringkasan dan Ulasan Novel Indonesia Modern. Jakarta: Grasindo.

Nurgiyantoro, B. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Stanton, R. (2012). Teori Fiksi Robert Stanton (Sugihastuti & Rossi Abi Al Irsyad, Penerjemah.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yasa, I.N. (2014). Poskolonial; Teori dan Penerapannya dalam Sastra Indonesia Mutakhir. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v2i2.2485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.