PENGARUH LATAR SOSIAL PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA

Siti Ulumiah, Prapto Waluyo, Dedi Yusar

Abstract


Dalam suatu karya sastra, latar sosial memiliki peran yang penting karena karya sastra merupakan gambaran kehidupan suatu masyarakat. Di dalam kehidupan masyarakat, terdapat konflik sosial terhadap lingkungan dan antar-individu. Oleh karena itu, penulis tertarik meneliti latar sosial dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Penulis meneliti hubungan antara unsur latar sosial dengan tokoh. Hubungan ini didasari dari hubungan tokoh utama dan latar sosial. Sebagai tokoh utama, perilaku Ikal dipengaruhi latar sosial dari lingkungan sekitarnya. Selain itu, perilaku tokoh Ikal juga dipengaruhi oleh tokoh lain di dalam novel ini. Kajian ini menggunakan analisis unsur-unsur pembangun cerita, yaitu unsur instrinsik (tokoh, alur, dan latar). Hasil dari analisis menunjukkan bahwa latar sosial pada kelompok kelas bawah memengaruhi karakter tokoh, khususnya tokoh utama, Ikal. Karena kemiskinan, ia tidak bisa dengan mudah meraih mimpinya seperti orang-orang. Ia harus membanting tulang terlebih dahulu agar apa yang ia inginkan bisa tercapai. Sekolah Muhammadiyah memberi pengaruh yang positif bagi setiap langkah hidupnya. Kemiskinan dan kesengsaraan mampu memberi pengaruh yang baik baginya.

Kata Kunci: Andrea Hirata; Laskar Pelangi; latar sosial; tokoh dan penokohan.


References


Aminah, S. (2008). Analisis Wacana Pesan Moral Dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Skripsi. Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Hirata, A. (2005). Laskar Pelangi. Yogyakarta: PT Benteng Pustaka.

Kusumaningrum, K. S. (2009). Aspek Kepribadian Tokoh Lintang Dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata: Pendekatan Psikologi Sastra. Skripsi. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah, Sukarta.

Mahanani, B. S. (2013). Kajian Transformasi Dari Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Ke Film Laskar Pelangi Karya Riri Riza. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri, Yogyakarta.

Nadhir, A. (2016). Nilai-nilai Keikhlasan Dalam Film Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Skripsi. Jurusan Pendidikan Aagama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Salatiga.

Nurgiyantoro, B. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Priyatno, B. S. (2009). Analisis Nilai-nilai Pendidikan dan Ciri-ciri Pribadi Sukses Dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata.Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Sistiarsih, N. (2011). Nilai Etika Dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri, Malang.




DOI: 10.33751/jsalaka.v2i2.2487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.