ANALISIS GANGGUAN MEKANISME BERBICARA PADA ANAK CADEL

Elin Priyatin Jaelani, Triyanto Triyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan bentuk gangguan reseptif simbol, gambar, dan suara pada anak AA dan (2) mendeskripsikan bentuk gangguan ekspresif (produktif) dalam gangguan fonologis AA. Berdasarkan rumusan masalah, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang merupakan studi kasus pada anak yang masih mengalami fase cadel. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari tuturan subjek penelitian. Dalam penelitian ini, subjek adalah seseorang yang berinisial AA. AA berusia 4 tahun. Ia berbicara cadel. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah alat bantu yang berupa alat tulis sebagai alat dalam penggunaan teknik simak libat cakap (SLC), rekam, dan catat dalam proses pengambilan data di lapangan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bentuk-bentuk gangguan dari data-data tersebut dapat disimpulkan sebagai bentuk gangguan reseptif pada AA tidak terdapat gangguan dalam persepsi sensoris (pengenalan simbol-simbol), visual (gambar), maupun auditorik (suara). Gangguan ekspresif dalam fonologis yang ditemukan berupa penggantian yang diikuti oleh penghilangan. Penambahan bunyi dan ketidakteraturan bunyi tidak ditemukan dalam tuturan AA.

 

Kata kunci: cadel; fonologis; gangguan mekanisme berbahasa.


References


Chaer, Abdul (2003). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasmawati (2017). Upaya peningkatan kemampuan berbicara dengan metode bercerita bebas non teks dalam pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI di SDN 153 Pekanbaru. Jurnal Indragiri, 2 (1): 814.

Indah, Rohmani Nur (2017). Language Disorder. Disampaikan pada mata kuliah Psyholinguistics, Department of English Language and Letters Faculty of Humanities, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. (Unpublished).

Somantri, Andhika (2016). Analisis penggunaan keigo dalam lingkungan kerja pada film Kenchou Omotenashi KA†(Tesis). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v2i2.2488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.