ANALISIS GENDER DAN KESADARAN PEREMPUAN DALAM NOVEL TEMPURUNG KARYA OKA RUSMINI

Gina Purwanti, Agatha Trisari, Dadan Suwarna

Abstract


Artikel ini bertujuan mendeskripsikan unsur instrinsik, hasil analisis gender perempuan, dan kesadaran perempuan dalam novel Tempurung karya Oka Rusmini. Artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah novel Tempurung karya Oka Rusmini. Artikel ini berfokus pada permasalahan yang berkaitan dengan ketidakadilan perempuan dan kesadaran perempuan yang dikaji dengan analisis gender. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) struktur novel berupa unsur intrinsik yang difokuskan pada tema yaitu kehidupan perkawinan yang tidak sempurna juga peran perempuan yang tidak mudah, plot yang terbagi menjadi tahap awal , tahap tengah, dan tahap akhir, penokohan yaitu tokoh Aku†tambahan dan tokoh utama cerita, dan latar yang terbagi menjadi latar tempat, latar waktu, dan latar sosial-budaya; (2) analisis gender yang dibagi menjadi tiga fokus, yaitu subordinasi perempuan, kekerasan terhadap perempuan, dan ketidakadilan gender perempuan; (3) bentuk kesadaran perempuan berupa kesadaran akan tubuh, kemandirian, dan lepasnya perempuan dari tradisi yang mengekang mereka.

Kata Kunci: gender; kesadaran perempuan; Oka Rusmini; Tempurung.


References


Gusti, R. (1996). Membincang Feminisme Diskursus Gender Perspektif Islam. Surabaya: Risalah Gusti.

Koentjaraningrat. (1987). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia.

Murniarti, A.N.P. (2004). Getar Gender Buku Pertama; Perempuan Indonesia dalam Perspektif Sosial, Politik, Ekonomi, dan HAM. Magelang: Indonesiatera.

Murniarti, A.N.P. 2004. Getar Gender Buku Kedua; Perempuan Indonesia dalam Perspektif Agama, Budaya, dan Keluarga. Magelang: Indonesiatera.

Prabasmoro, A.P. (2006). Kajian Budaya Feminis; Tubuh, Sastra, dan Budaya Pop. Yogyakarta dan Bandung: Jalasutra.

Rusmini, O. (2017). Tempurung. Jakarta. Grasindo.

Suharto, S. (2016). Kritik Sastra Feminis; Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v2i2.2540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.