GERAKAN LITERASI BACA-TULIS (GLBT) DALAM MEMBANGUN EKOSISTEM SEKOLAH LITERAT (ESL) PADA SMA DI KABUPATEN GARUT

Deni Hadiansah, R. Supyan Sauri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi Baca-Tulis (GLBT) di SMA Al-Qomariyah Kabupaten Garut. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus (case study) melalui teknik observasi, dokumentasi, wawancara, kuesioner, riset terfokus, dan telaah data sekunder dari berbagai sumber yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa SMA Al-Qomariyah Kabupaten Garut telah melaksanakan GLBT secara terbatas meliputi tahap pendahuluan, pembiasaan, pengembangan, pembelajaran, dan evaluasi. Dari seluruh tahapan, ditemukan beberapa kendala yaitu keterbatasan fasilitas perpustakaan, keterbatasan sumber bacaan, dan keterbatasan anggaran. Adapun solusi untuk mengatasinya meliputi sosialisasi secara masif kepada siswa, menyusun dan mengirimkan proposal bantuan, optimalisasi peran perpustakaan, dan memperkuat sinergitas komite sekolah dengan masyarakat. Meski hasilnya belum optimal, tetapi program GLBT telah menjadi langkah awal demi membangun Ekosistem Sekolah Literat (ESL).

 

Kata Kunci: literasi; perpustakaan; sumber bacaan.


Keywords


Kata Kunci: literasi; perpustakaan; sumber bacaan.

References


Adler, R. B & Rodman, G. (1991). Under Understanding Human Communication. Toronto: Holt Rinehart and Winston.

Farr, R. (1984). Reading: Trends an Challenges. Washington D.C.: National Education Association.

Kemdikbud. (2017). Panduan Penyelenggaraan Program Gerakan Indonesia Membaca. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Kemdikbud.

Laksono, K. (2016). Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Retnaningdyah, P., et al. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMP (Ed. Pangesti Wiedarti). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

UNESCO. (2003). The Prague Declaration Towards An Information Literate Societyâ€. Cheko: Prague.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v3i1.3319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.