PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS IX DI SMP SWASTA HKBP SIDIKALANG MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Ade Friska Situmorang, Yanti Hutasoit, Sartika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis cerita pendek dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian tindakan kelas (PTK), yang menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam pengamatan yang peneliti lakukan, ditemukan bahwa penyebab ketidakberhasilan siswa dalam menulis cerita pendek adalah pertama, motivasi belajar siswa yang sangat rendah. Kedua, kurangnya perhatian siswa pada saat guru mengajar. Ketiga, guru hanya menjelaskan teknis menulis cerpen yang tepat tanpa adanya sentuhan langsung dari lingkungan sekitar maupun kehidupan sosial. Pendekatan pembelajaran kontekstual dilaksanakan melalui pertanyaan, bertanya, dan diskusi.

 

Kata Kunci: keterampilan menulis; pendekatan kontekstual.


Keywords


keterampilan menulis; pendekatan kontekstual.

References


Abidin, Y. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Dalman, H. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Kemmis, and Robin, McTaggart. (1988). The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.

Novita, T. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Menggembangkan Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa IX A Di SMP Negeri 1 Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang Provinsi, Sumatera Selatan (Doctoral dissertation, Iain Bengkulu).

Padmi, J. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa SMP Kelas VII. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 31-38.

Sugiyono. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMAN I Pakusari Dengan Metode Kontekstual. Jurnal STIE Indonesia, September 2016.

Umedi. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Zulela, M. S. (2014). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menulis di sekolah dasar (Action research di kelas tinggi sekolah dasar). Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 83-91.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v3i2.4561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.