ASPEK MORAL SEBAGAI LANDASAN PERUBAHAN DARI NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KE DALAM FILM SANG PENARI

Ika Titi Hidayati

Abstract


Tujuan tulisan ini akan mengulas mengenain Aspek Moral Sebagai Landasan Perubahan dari Novel Ronggeng Dukuh Paruk ke dalam Film Sang Penari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik catat, yaitu mencatat temuan-temuan data yang dijadikan model analisis data. Aspek moral dalam masyarakat menjadi unsur penting sebagai suatu tatanan norma yang mengatur kehidupan masyarakat. Peraturan atau prinsip moral sebagai ketetapan akal budi manusia selalu berlaku di mana-mana dan menjadi prasyarat untuk menggolongkan dan menilai apakah suatu tindakan bisa disebut tindakan moral atau tidak. Penilaian moral tak mungkin dilakukan lepas dari peraturan atau prinsip moral di mana satu tindakan tertentu bisa digolongkan.

 

Kata Kunci: Moral; Norma; Sang Penari; Ronggeng Dukuh Paruk.


Keywords


Moral; Norma; Sang Penari; Ronggeng Dukuh Paruk.

References


Damono, SD. (2016). Alih Wahana. Tanpa Kota: Editum.

Eneste, P. Novel dan Film. Flores: Penerbit Nusa Indah. 1991.

Haniah, Widodo, ST. (2017). Suwandi, S, Saddhono, K. Membangun Moralitas Generasi Muda Dengan Pendidikan Kearifan Budaya. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Inda, DN. (2016). Adaptasi novel Ronggeng Dukuh Paruk ke dalam film Sang Penari: sebuah kajian ekranisasi. Jurnal Aksara. 28(1).

Saputra, HSP. (2009). Transformasi lintas genre: dari novel ke film, dari film ke novel. Jurnal Humaniora. 21(1).

Septriani, H. (2017) Pertarungan Idealisme dalam Ekranisasi Pada Kesusastraan Indonesia. Tesis. Universitas Padjajaran, Bandung.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v3i2.4565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.