Penggunaan Bahasa Persuasif dalam Peran Mahasiswa saat Mengedukasi Masyarakat tentang Pentingnya Menjaga Protokol Kesehatan

Triyanto Triyanto, Risa Prayudhi, Nana Mulyana, Dafit Maulana

Abstract


Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) berdampak kepada hampir seluruh sektor kehidupan dan membuat setiap orang harus beradaptasi pada kondisi ini. Terjadi berbagai peristiwa seperti tebaran ketakutan di media, aturan yang membuat masyarakat tidak nyaman, dan ekonomi masyarakat yang menurun. Oleh karena itu, kami selaku tim dosen dan mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bogor yang bekerja sama dalam pelaksanaan KKN di Desa Leuwiliang harus memiliki peran dalam penanggulangan persoalan akibat Covid-19. Peran tersebut diimplementasikan dengan mengedukasi masyarakat sekitar mengenai Covid-19 dan cara untuk mencegah bahkan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Hal itu mendorong kami untuk mengabdi di desa yang kami jajaki dalam agenda KKN-Dik. Pendekatan yang dilakukan dengan terjun langsung dan bercengkrama dengan warga sekitar untuk membentuk kedekatan emosional sehingga kami dengan mudah mengedukasi masyarakat di Desa Leuwiliang mengenai pentingnya menjaga protokol kesehatan dan bagaimana cara menanggulangi penyebaran virus corona yang saat ini melebar dengan sangat luas. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan menggunakan bahasa persuasif. Berdasarkan pendekatan tersebut, terjadi hubungan yang dekat antara tim pengabdi dengan masyarakat sehingga proses edukasi lebih diterima dan sampai kepada masyarakat.


Keywords


bahasa persuasif; edukasi; protokol kesehatan; Desa Leuwiliang.

References


Agustin, R.J.P., Kasnadi, Astuti, C.W. (2021). Bahasa persuasif pada iklan kosmetik di televisi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8 (1): 5156.

Cahyono, H. (2019). Peran mahasiswa di masyarkat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, 1 (1): 3243.

Eriyanto, Zarkasih, I.R. (2018). Model persuasi yang efektif dengan menggunakan pendekatan rasa takut (fear appeal): Studi eksperimen bahaya rokok di kalangan mahasiswa di Jakarta. Jurnal Komunikasi Indonesia, 7 (1): 8798.

Hardani et al. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hidayat, A. (2013). Dialektika fungsional antara hukum dan otoritas kekuasaan negara. Masalah-masalah Hukum, 42 (4): 565575.

Livana, P.H., Suwoso, R.H., Fenrianto, T., Kushindarto, D., Aziz, F. (2020). Dampak pandemi Covid-19 bagi perekonomian masyarakat desa. Indonesian Journal of Nursing and Health Science, 1 (1): 3748.

Nainggolan, V.Y.Br., Yakob, M., Nucifera, P. (2019). Penggunaan bahasa persuasif dalam iklan niaga bergambar pada surat kabar Serambi Indonesia tahun 2019. Jurnal Samudera Bahasa, 3 (2): 2640.

Setiawati, E., Rusmawati, R. (2019). Analisis Wacana: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Malang: UB Press.

Susilo, A., Rumende, C.M., Pitoyo, C.W., Santoso, W.D., Yulianti, M., Herikurniawan, Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E.J., Chen, L.K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C.O.M., Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus disease 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7 (1): 4567.

Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid-19: Sebuah tinjauan literatur. Wellnes and Healthy Magazine, 2 (1): 187192.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v4i1.5673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.