Fenomena Alih Kode dan Campur Kode pada Tindak Tutur Anak Muda Indonesia: Studi Kasus Wawancara Anindita Hidayat di Kanal Youtube TruezID Indonesia

Dadan Suwarna

Abstract


Globalisasi dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengubah perilaku manusia, khususnya dalam tindak tutur. Penggunaan bahasa asing adalah hal yang lazim dilakukan. Di Indonesia, terdapat fenomen alih kode dan campur kode dalam tindak tutur anak muda Indonesia. Penelitian ini membahas alih kode dan campur kode dalam tindak tutur anak muda Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Anindita Hidayat (selebgram). Penelitian ini mengamati wawancara Aninditas Hidayat di kanal YouTube TrueID Indonesia  pada episode Check In with Onad feat. Anindita Hidayat - TrueID Original Seriesâ€. Wawancara itu diunggah pada 11 Februari 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat campur kode dan alih kode pada tindak tutur Anindita Hidayat. pada situasi tertentu, penutur seharusnya dapat menggunakan bahasa Indonesia, tetapi penutur menggunakan bahasa Inggris. Sementara itu, fenomena alih kode ditunjukkan pada peralihan kalimat. Misalnya, pada saat tertentu, penutur menggunakan kalimat dalam bahasa Indonesia, tetapi pada kalimat berikutnya penutur menggunakan bahasa Inggris.


Keywords


alih kode; Anindita Hidayat; campur kode; YouTube.

References


Poedjosoedarno. (1976). Kode dan Alih Kode. Jakarta: Balai Penelitian Bahasa.

Nanik, I. (2017). Penggunaan Campur Kode dan alih Kode dalam Pembelajaran. Toto Baung.

Suwito. (1985). Sosiolinguistik: Pengantar Awal. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Indrayani. (2017). Penggunaan Campur Kode dan Alih Kode dalam Proses Pembelajaran. Skripsi. Universitas Iqra Buru.

Indra, I.B.K.M.. (2010). Campur Kode: Pemakaian Bahasa dalam Suatu Penyuluhan Pertanian di Subak. Denpasar: Udayana University Press.

Nababan, P.W.J. (1984). Sosiolinguistik: Suatu Pengantar.Jakarta: Gramedia.

Wahyuni, T. (2021). Sosiolinguistik. Klaten: Penerbit Lakeisha.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v4i1.5723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.