Ekranisasi Novel Wedding Agreement Karya Mia Chuz

Alfiya Dinni, Zaky Mubarok

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses transformasi dari novel ke film yang berpengaruh pada alur, tokoh, dan latar baik, dalam bentuk kategorisasi aspek penciutan, penambahan, maupun perubahan bervariasi dalam novel Wedding Agreement karya Mia Chuz. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan membaca, menonton, dan mencatat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi novel ke film berpengaruh pada alur, tokoh, dan latar. Terdapat penciutan, penambaham, dan perubahan bervariasi dalam film. Penciutan alur, tokoh, dan latar terjadi karena media yang digunakan dalam pembuatan novel dan film berbeda. Secara keseluruhan, penciutan terjadi karena penghilangan cerita, tokoh, dan latar diambil pada bagian yang tidak begitu penting untuk divisualisasikan. Penambahan alur, tokoh, dan latar dalam film masih relevan dengan cerita. Visualisasi film dibuat lebih menarik dengan banyaknya konflik cerita. Tokoh dan latar tambahan dimunculkan sehingga cerita dalam film tidak monoton. Kemunculan tersebut untuk menambah esensi film sehingga penonton akan terbawa masuk dalam alur cerita. Alur, tokoh, dan latar yang dilakukan dalam visualisasinya masih relevan dengan novel.


Keywords


Ekranisasi; Film; Novel Wedding Agreement.

References


Arryyanti, D. S. (2016). Ekranisasi Novel ke Bentuk Film 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabila Rais dan Rangga Alamhendra. Yogyakarta: Univesitas Negeri Yogyakarta.

Chuz, M. (2018). Wedding Agreement. Jakarta: PT. Elex Media Kompetindo.

Damono, S. (2018). Alih Wahana. Jakarta: PT. Gramedia Pustidaka Utama.

Endraswara, S. (2011). Sastra Bandingan : Metodologi Penelitian Sastra Bandingan . Jakarta: Bukupop.

Eneste, P. (1991). Novel dan Film. Flores: Nusa Indah.

Faruk. (2012). Metode Penelitian Sastra : Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustidaka Pelajar.

Rahman, A. (2016). Ekranisasi Novel 5 cm Karya Donny Dirgantoro Terhadap Film 5 cm Karya Rizal Mantovani dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra di SMA. Nusa Tenggara Barat: Universitas Mataram.

Wulansari, D. (2015). Ekranisasi Novel Bidadari-Bidadari Surga Karya Tere Liye dan Film Bidadari-Bidadari Surga Kajian Humaniora. Jawa Timur: Universitas Jember.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v4i1.5790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.