Keberagaman Fenomenalisme Moral Pada Novel Para Penjahat dan Kesunyiannya Masing-Masing Karya Eko Triono (Kajian Sosiologi Sastra)

Teguh Tri Fauzi, Zaky Mubarok

Abstract


Pada tahun 2017 lalu, Eko Triono menerbitkan satu novel dengan fenomena aliran moral serta spiritual berjudul Para Penjahat dan Kesunyiannya Masing-Masing yang juga menyabet gelar #3rd Winner UNNES Internasional Novel Writing Contest. Penelitian ini membahas mengenai Keberagaman Fenomenalisme Moral dengan menggunakan teori Immanuel Kant dalam bukunya yang berjudul Kritik Atas Akal Budi Praktis (2005) dan Dasar-Dasar Filsafat Moral (2003) mengenai enam fenomena moral dan narasi fenomenalisme saling berhubungan dengan konteks sosial budaya masyarakat pada dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai bentuk keberagaman fenomenalisme moral dalam novel, juga mendeskripsikan hubungan antara fenomena-fenomena dalam novel yang saling berhubungan dengan dunia nyata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu metode yang biasa dimanfaatkan pada wawancara, pengamatan, dan pemanfaatan dokumen, seperti memahami sikap, pandangan, perasaan, dan perilaku individu maupun kelompok orang. Atas dasar itu pula, penelitian ini diberi judul Keberagaman Fenomenalisme Moral Pada Novel Para Penjahat dan Kesunyiannya Masing-masing Karya Eko Trionoâ€. Penelitian ini menghasilkan jawaban atas rumusan masalah, yaitu (1) terdapat keenam bentuk fenomenalisme moral, sehingga novel tersebut mampu dikategorikan sebagai novel beraliran moralitas, (2) aspek fenomenalisme sosial yang ternarasikan dalam novel juga saling berhubungan dengan dunia nyata di luar cerita.

 

 

Keywords


keberagaman fenomenalisme moral; imperatif kategoris dan deontologi; moralitas dan legalitas; fakta akal budi dan postulat.

References


REFERENSI

Action, HB. (2003). Dasar-Dasar Filsafat Moral: Elaborasi Terhadap Pemikiran Etika Emmanuel Kant. Penerbit Pustaka Eureka

Anwar, A. (2012). Teori Sosial Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Kant, I. (2005). Kritik Atas Akal Budi Praktis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Priyanti. (2010). Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Ratna, N.K. (2012). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sasta. Yogyakarta: Pustaka.

Triono, E. (2018). Para Penjahat dan Kesunyiannya Masing-Masing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Teeuw, A. (1984). Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia.

Wellek, R. & Warren, A. (2016). Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v4i2.6800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.