Kepribadian Tokoh Saidi dalam Novel Calabai (Kajian Psikologi Sastra Carl Jung)

Nursamzani Syarif

Abstract


Novel merupakan salah satu jenis prosa fiksi yang mempunyai cukup banyak peminat. Berbagai genre novel bermunculan meramaikan kesusastraan Indonesia, salah satunya adalah novel yang berisi kisah penutur kebudayaan masyarakat Sulawesi Selatan, yaitu novel berjudul Calabai: Perempuan dalam Tubuh Lelaki. Calabai adalah salah satu novel karya penulis Pepi Al-Bayquine yang merupakan seorang pecinta kebudayaan lokal. Novel yang diterbitkan oleh Javanica pada tahun 2016 merupakan novel budaya yang mengisahkan pelik kehidupan lelaki berjiwa perempuan hingga mengulik sisi-sisi kehidupan Bissu, tokoh spiritual adat yang menjaga tradisi dalam suku Bugis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguak psikologi sastra dalam novel Calabai, utamanya pada tokoh Saidi, dengan menggunakan teori dari ahli Carl Gustav Jung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, studi simak, dan studi catat. Hasil yang dicapai adalah analisis terhadap kepribadian tokoh Saidi yang berfokus pada empat archetype yang paling terkenal dalam teori Jung, yaitu persona, anima dan animus, shadow, dan self.

 


Keywords


novel Calabai, archetype, bissu

References


REFERENSI

Al-Bayqunie, P. (2016). Calabai: Perempuan dalam Tubuh Lelaki. Tangerang Selatan: Javanica.

Azkia, Q.H., & Anas, A. 2022. Persona tokoh dalam novel everyone has lies karya Coonant. Jurnal Bapala Vol. 9 No. 2.

Davies, S. G. (2010). Keberagaman Gender di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Juidah, I., Achmad, S., et al. (2022). Kepribadian tokoh karman dalam novel kubah karya ahmad Tohari: Sebuah kajian psikoanalisis Carl Gustav Jung. Jurnal Bahtera Indonesia Vol. 7 No. 1.

Monte, C.F., & Sollod, R.N. (2003). Beneath The Mask: An Introduction to Theories of Personality (7 ed.). John Wiley & Sons, Inc.

Noviandini, K, & Mubarok, Z.. (2021). Arketipe Tokoh Valiandra Dalam Novel Misteri Terakhir Karya S. Mara. GD (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Salaka Vol. 3 No. 2.

Rahman, A. A. (2018). Sejarah Psikologi: Dari Klasik Hingga Modern. Depok: Rajawali Pers.

Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v4i2.6801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.