Kualitas Materi Teks Fabel pada Buku Teks Bahasa Indonesia KELAS VII Kurikulum 2013
Abstract
Dalam penyusunan buku teks pelajaran, kualitas kelayakan buku teks perlu diperhatikan, antara lain: kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kualitas materi teks fabel pada buku Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013, khususnya pada kelayakan isi dan kelayakan penyajian. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Langkah yang dilakukan adalah menghimpun, mengidentifikasi, dan menganalisis data serta menyusun deskripsi data dari analisis data primer penelitian. Analisis kelayakan buku teks pada penelitian ini berdasarkan pada instrumen penilaian buku teks dari BSNP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas materi teks fabel pada buku teks Bahasa Indonesia kelas VII telah terkategori layak. Rata-rata presentase indikator pada kelayakan isi sebesar 65,5% dan rata-rata presentase indikator pada kelayakan penyajian sebesar 71,7%.
Keywords
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Bahan ajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. 2010. Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 36 Tahun 2001 tentang buku. Jakarta: Depdiknas.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008 tentang buku. Jakarta: Depdiknas.
Pradita, M. R., Lubis, F. 2018. Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jurnal Basastra. Vol. 7, No. 4. 281-295. DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v7i4.11739
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sinambela, M., Sinaga, T. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Umum sebagai Sumber Belajar untuk Buku Peganggan Mahasiswa. Jurnal Pelita Pedidikan. Vol. 8, No. 3. 189-194. DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i3.19988
Sitepu. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widodo. 2015. Kelayakan kebahasaan. Bandung: Angkasa
Wulandari, W. F. 2016. Perbedaan Buku Teks dengan Buku Pengayaan. Jakarta: Graha Ilmu.
DOI: 10.33751/jsalaka.v4i2.6804
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.