Analisis Semiotika pada Cerpen Kontemporer Megatruh Karya Danarto

Aldha Kusuma Wardhani, Liza Septa Wilyanti

Abstract


Penelitian dalam jurnal ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mendeskripsikan makna denotasi dan makna konotasi yang terdapat pada cerpen kontemporer berjudul Megatruh yang terdapat dalam kumpulan cerpen Adam Marifat karya Danarto. Cerpen kontemporer didefinisikan sebagai salah satu bentuk dari protes terhadap permasalahan-permasalahan yang muncul dan dimulai sejak awal era industrialisasi. Adapun jenis pendekatan yang digunakan dalam jurnal ini yaitu berupa pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dilakukan dengan cara dengan menghimpun dan menganalisis seluruh dokumen berdasarkan kajian teori semiotika Roland Barthes yang telah dipilih. Dokumen yang dimaksud yaitu cerpen Megatruh karya Danarto. Dokumen yang sudah diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan struktur fisik dan struktur batin serta dipadukan sehingga menjadi satu hasil kajian yang sistematis dan utuh. Dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil penelitian makna denotasi dan makna konotasi yang terdapat pada cerpen kontemporer berjudul Megatruh yang terdapat dalam kumpulan cerpen Adam Marifat karya Danarto yaitu, (1) makna denotasi dan makna konotasi hampir terdapat diseluruh halaman cerita, dengan beberapa bagian kalimat yang tampak lebih menonjol, (2) cerpen mendeskripsikan tokoh utama yang menikmati kegiatannya dengan kadal, batang pisang, dan zat asam, yang sebenarnya merupakan imajinasi terakhir sebelum ia dijemput oleh ajalnya, (3) cerpen ini menceritakan kehidupan seseorang pada detik detik terakhir sebelum roh dan raganya terpisah oleh kematian.

 


Keywords


semiotika; makna denotasi; makna konotasi; cerpen kontemporer.

References


Alex Sobur. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Andriyanto. 2017. Analisa Semiotik Denotasi, Konotasi dan Mitos Iklan Indonesia Versi 45th Anniversary di Televisi. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan. Vol.1, No. 1, Hal. 92 99.

Barthes, Roland. 2007. Membedak Mitos Mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol dan Reprsentasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Danarto. 2017. Adam Marifat. Yogyakarta: BASABASI.

Pusat Bahasa Kementrian Pendidikan Nasional. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v4i2.6806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.