Sistem tanda dalam webtoon The Secret of Angel (semiotika Charles Sanders Pierce)

Nensilianti Nensilianti, Wulan Fadillah, Ridwan Ridwan

Abstract


ABSTRAK

Semiotika adalah ilmu atau teknik ilmiah untuk melihat tanda dalam suatu konteks skenario, gambar, teks, dan film menjadi sesuatu yang dapat diuraikan. Teori semiotika besar yang dikemukakan oleh Charles Sanders Peirce adalah Pierce memberikan deskripsi struktural dari semua sistem pemaknaan dan keseluruhan semiotika. Pierce mendalami konsep semiotikanya mengenai trikotomi. Trikotomi terbagi manjadi tiga bagian yaitu ikon, indeks, dan simbol. Artikel ini di teliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan mencari data atau informasi dengan cara mengamati dan menganalisis gambar yang mempunyai sistem tanda pada komik di webtoon The Secret of Angel. Seiring berkembangnya zaman, media komunikasi memiliki cara penyampaian pesan yang berbeda-beda, salah satunya melalui media komik.The Secret of Angel merupakan salah satu dari  judul komik yang ada di Line Webtoon ataupun sebuah platform penerbitan digital bagi komikus. Komik The Secret of Angel bercerita tentang perempuan yang bernama Jukyung yang merupakan siswa SMP yang menjadi korban bully di kelasnya. Ketika masuk SMA Jukyung kemudian mengubah penampilannya dan mulai belajar memakai make up, pada saat itulah kehidupan baru Jukyung dimulai.


Keywords


semiotika, komik, webtoon

References


Jurnal

Lestari, A. &. (2020). Line Webtoon sebagai Industri Komik Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 134-148.

Magdalena, F. M. (2020). Pesan Moral pada Webtoon “Lucunya Hidup Ini”. Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 109-128.

Marfu'ah, R. S. (2019). Pesan Moral Dalam Komik Online (Analisis Semiotika Terhadap Line Webtoon" Sarimin" Episode 1-26 Karya Nagaterbang). Diss. IAIN Ponorogo, 42.

Suherdiana, D. (2008). Konsep Dasar Semiotik Dalam Komunikasi Massa Menurut Charles Sanders Pierce dalam ilmu dakwah. Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 4 No. 12 Juli-Desember.

Buku

Pradopo, R. D. (2013). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Santosa, P. (1993). Ancangan Semiotika dan Pengkajian Sastra. Bandung: Angkasa.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v5i1.7737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.