Analisis aspek kepribadian tokoh utama dalam real person fiction “Vow –01;54” : kajian psikologi sastra

Khaula Ghaida Muthmainah, Hilda Septriani

Abstract


Karya sastra dengan bentuk real person fiction mengalami perkembangan pesat di dunia cyber. Tidak hanya berkembang di media khusus kepenulisan, sastra juga berkembang di media nonkepenulisan seperti Twitter. Walaupun bentuk karya sastra ini berbeda, tokoh-tokoh di dalamnya tetap memiliki aspek kepribadian sehingga penelitian ini akan membahas aspek kepribadian tokoh utama dalam penulisan karya sastra berbentuk real person fiction vow – 01;54 yang terdapat di Twitter. Penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra ini nantinya akan memaparkan aspek kepribadian idego, dan superego yang dimiliki oleh tokoh utama dengan disertai kutipan-kutipan berupa gambar dan narasi yang mendukung penelitian. Penulisan real person fiction yang menggunakan visualisasi artis terkenal dan menggunakan gambar percakapan atau unggahan berbagai sosial media ini membuktikan bahwa sastra juga dapat mengikuti perkembangan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aspek kepribadian tokoh utama dalam vow–01;54 yang berupa idego, dan superego.  Id yang ditemukan berhubungan dengan aspek kepribadian yang berhubungan dengan rasa kebutuhan akan makan dan minum, serta aspek seksual. Kemudian pada ego, ditemukan aspek kepribadian berupa aspek penyelesaian masalah dan aspek pengambilan keputusan. Pada superego ditemukan aspek kepribadian berupa rasa bersalah dan rasa malu. 


Keywords


aspek kepribadian; psikologi sastra; real person fiction; sastra cyber

References


Astuti, Y. (2020). Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy (Tinjauan Psikologi Sastra). Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(5), 98.

Bertens, K. (2016). Psikologi Kepribadian. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Minderop, A. (2011). Psikologi Sastra: Karya, Metode. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Pradnyana, I. W. G., Artawan, G., & Sutama, I. M. (2019). Psikologi Tokoh dalam Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono : Analisis Psikologi Sastra. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 339–347.

Riyanti, R. D. (2019). Rasa Bersalah pada WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) Narkoba [Skripsi Sarjana]. Universitas Negeri Semarang.

Sari, I. K. (2022). Analisis Kepribadian Tokoh Dikta Dalam Novel Dikta dan Hukum Karya Dhia’an Farah [Skripsi ]. Universitas Batanghari.

Syafiqa, L. R., Noor, R., & Umam, K. (2022). Bentuk Penulisan Real Person Fiction “Close Friend” dan “The Unfinished” di Twitter: Analisis Cybersastra. Wicara: Jurnal Sastra, Bahasa, Dan Budaya, 1(2), 103–109.

Utama, N. P. (2019). Rasa Malu Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Penyandang Tunawicara di SLB B Yakut Purwokerto [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Wahyudi, I., & Wati, R. (2021). Fenomena Sastra Cyber: Tren Menulis Cerita Sastra dalam Bingkai Media Sosial. Arkhais: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(2), 91–98.

Walgito, B. (2002). Psikologi Sosial: Suatu Pengantar. Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v5i1.8336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.