STRATEGI PENGAJARAN MENYIMAK TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VII BUDISATRYA MEDAN

Agi Sahrani Tarigan

Abstract


Menyimak merupakan suatu kegiatan mendengarkan bunyi-bunyian dengan konsentrasi penuh dan pemusatan perhatian pada pemahaman guna mengelola informasi dan menangkap bunyi-bunyian yang diterima oleh indra orang yang mendengarkannya. Mendengarkan bunyi biasanya melalui bahasa lisan atau tulisan. Mendengar mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan khususnya bagi siswa, Mendengarkan merupakan tahapan utama ketika proses mendengarkan berlangsung, biasanya otak akan berusaha memproses pesan yang disampaikan oleh suara penuturnya berupa bahasa, sehingga untuk menyampaikan suatu pesan diperlukan perhatian yang baik. Penelitian ini membahas strategi pengajaran mendengarkan untuk proses pembelajaran daring, yang bertujuan membantu guru memecahkan masalah mendengarkan siswa, serta membantu guru untuk mengembangkan strategi kreatif dan inovatif untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang berani. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data langsung dan alami melalui kuesioner diberikan kepada responden. Seluruh informasi yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari 30 siswa SMP khususnya kelas VII. Memperoleh data penelitian yang bersumber dari jawaban responden, penelitian ini membahas secara detail dan akurat mengenai strategi pengajaran menyimak untuk proses belajar daring yang dapat dibuktikan kebenarannya.


Keywords


Menyimak, Pembelajaran Daring, Strategi Pengajaran

References


Jurnal

Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113

Firman, F., &Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Hasbullah, Juhji, & Maksum, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar Dalamupaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. EDURELIGIA, 3, 3–5.

Ita Qullah, F. (2021). Pengembangan Literasi Dalam Peningkatan Minat Baca Santri Pada Perpustakaan Mini Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 1(2), 4–5.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Kurniati, N. (2022). pembelajaran daring dan problematikanya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(1), 19–26. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i1.785

Murzal & Ridwan. (2021). Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. ElMidad, 13(2), 86–100. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i2.4338

Panut Setiono, Etika Handayani, Selvia, & Wahyu Widian.A. (2020). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3, 5–6.

Buku

Hayati, N. (2020). Pembelajaran di Era Pandemi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Isnu, H. (2019). 50 STRATEGI PEMBELAJARAN POPULER. Yogyakarta: Diva Press.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v5i2.9584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.