ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM TIGA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS VII SMP DI KOTA BOGOR
Abstract
Abstrak
Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan acuan bagi guru dalam proses pembelajaran di kelas sehingga lebih terarah. Rencana pelaksanaan pembelajaran dikembangkan dengan rinci dari materi pokok. Model pembelajaran adalah rangkaian penyajian m ateri yang ada dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran dapat membuat suasana pembelajaran lebih aktif dan menarik sehingga peserta didik dapat termotivasi ketika pembelajaran berlangsung. Pada tulisan ini, peneliti menganalisis model pembelajaran model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks laporan hasil observasi kelas VII SMP Insan Kamil, SMP Tarbiyatul Huda dan SMP Yapina. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui kesesuian langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks laporan hasil observasi kelas VII SMP Insan Kamil, SMP Tarbiyatul Huda dan SMP Yapina. Penelitian dilakukan pada dua pertemuan yang terdapat dalan rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut. Metode penelitian kualitatif menggunakan teknik triangulasi (gabungan) untuk mengumpulkan data. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan membaca langkah-langkah model pembelajaran discovery learning. Keabsahan data analisis temuan dilakukan oleh triangulator yang berjumlah tiga orang. Tujuan dari penelitian ini, agar peneliti dapat mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning yang terdapat pada rencana pelaksanaan pembelajaran telah sesuai. Terdapat 42 data yang ditemukan. Pada pertemuan satu mengenal memahami struktur teks laporan hasil observasi, lalu pada pertemuan kedua menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi.
Keywords
References
Aqi,z, Ali Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satu Nusa.
Dermawan, D., Wahyudin, D. 2018. Model Pembelajaran Di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunawan, I. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Teori Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Khodijah, S. 2018. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia Aspek Menulis di SDN 4 Kalibaruwetan Banyuwangi. Jember: Jurnal. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unidiksha.
Kosasih. 2014. Jenis-Jenis Teks Mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs. Bandunng: Yrama Widya.
Kosasih. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandunng: Yrama Widya.
Kosasih. 2018. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama widya.
Muhamad. H. 2017. Model Pengembangan RPP. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
Nurdin, S., Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Nuraeni, H. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Perubahan Wujud Zat Melalui Model Discovery Learning. Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Terbuka
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, v, w. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.
Tarigan, H.G. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
DOI: 10.55215/triangulasi.v1i2.4348 Abstract views : 1002 views : 2041 views : 453
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.