KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK TOKOH UTAMA NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA

Aam Nurjaman, Rania Najla

Abstract


Keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran tidak luput dari penggunaan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi kelas VIII SMP Bogor. Model pembelajaran discovery learning memiliki enam sintak atau langkah pembelajaran yakni stimulus atau pemberian rangsangan, pertanyaan atau identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini berfokus pada langkah-langkah model pembelajaran discovery learning, serta kesesuain model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi kelas VIII SMP Bogor. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini ialah langkah-langkah model pembelajaran discovery learning pada rencana pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi kelas VIII SMP Bogor. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ialah teknik studi pustaka. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan terdapat kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam keseluruhan RPP yang telah dikaji yaitu RPP SMP Bina Putera, SMPN 1 Cisarua, SMPN 3 Cibungbulang, SMPN 1 Dramaga, dan SMPN 4 Bogor. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah kegiatan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi sudah sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning.


References


Gultom, Pestuli. 2013. Penerapan Pengaruh Model Pembelajaran Berbasin Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP 5 Santo Ignasius Medan.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Isnatun, Siti dan Umi Farida. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.

Jauhari, Heri. 2013. Terampil Mengarang Dari Persiapan Hingga Presentasi, Dari Karangan Ilmiah Hingga Sastra. Bandung: Nuansa Cendekia.

Josua, Helena Megameno N. 2009. Improving Explanation Writing Skills of Junior Secondary.

Kemendikbud. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

Kosasih, Engkos. 2013. Mandiri Mengasah Kemampuan Diri Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Muchlis, Mansur. 2008. KTSP Pemelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Rosda.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Uno, Hamzah B. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Wahono, dkk. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia Untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Erlangga.


Full Text: Remote PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v1i2.4397 Abstract views : 450 views : 169 views : 171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.