ANALISIS KONFLIK BATIN : TINJAUAN PSIKOLOGI DALAM ANTOLOGI CERPEN MALAM TERAKHIR KARYA LEILA S. CHUDORI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Mukodas Sinatrya, Maurel Gharizah

Abstract


Penelitian ini mengkaji konflik batin yang dialami oleh tokoh dalamĀ  antologi cerpen Malam Terakhir. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kutipan atau dialog tokoh. Penelitian ini menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Tujuan dari penelitian ini adalah menguraikan konflik batin yang dialami para tokoh dalam kumpulan cerpen Malam Terakhir ditinjau dari struktur kepribadian id, ego, dan superego.Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif kualitatif, artinya data yang ditemukan berupa kata-kata dan hasilnya akan dipaparkan secara deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kutipan dialog dalam cerpen Malam Terakhir dengan 6 sub judul cerpen sebagai sumber datanya. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Konflik batin menjadi fokus penelitian pada skripsi ini, yaitu konflik id, konflik ego, dan konflik superego). Dari hasil penelitian tersebut ditemukan konflik batin sebanyak 69 data. Hasil dari penelitian ini adalah konflik batin yang disebabkan id dalam memenuhi keinginan, konflik batin ego dalam membuat keputusan berdasarkan prinsip realitas dan konflik superego yang dipresentasikan dalam bentuk penyesalan, empati, dan rasa bersalah yang dialami tokoh dalam cerpen Malam Terakhir. Hasil ini memberikan hal yang positif bagi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah.


Keywords


konflik batin, malam terakhir, psikologi sastra

References


Budi Darma. 2004. Pengantar Teori Sastra. Jakarta; Pusat Bahasa.

Chudori L S. 2012. Malam Terakhir. Jakarta: Gramedia.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodelogi Penelitian Sastra Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service

.Hambali, dan Jaenudin. 2013. Psikologi Kepribadian (lanjutan) Studi Atas Teori dan Tokoh Psikologi Kepribadian. Bandung: Pustaka Setia.

Jaenudin, Ujam. 2012. Psikologi Kepribadian. Bandung: Pustaka Setia.

Minderop, Alberthiene. 2013. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Muhalson, Moch. (2021). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Kata Karya Rintik Sedu. Jurnal Simki Pedagogia. Vol. 4, No .1, Juli 2021, hlm. 179-187.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ratna, Khuta Nyoman. 2011. Teori, Metode, dan Teknik

Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Redyanto, Noor. 2005. Pengkajian Sastra. Semarang: Fakultas Sastra Universitas Diponegoro.

Semiun, Yustinus. 2006. Teori Kepribadian dan Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Kanisius.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Stanton, R. (2007). Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wellek, Rene dan Werren, Austin. 1989. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v1i2.4405 Abstract views : 1276 views : 703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.