PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP

Siti Chodijah, Ainiyah Ekowati, Santi Maryani

Abstract


Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik mandiri dan mampu memecahkan masalah secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks berita peserta didik kelas VII SMP PGRI 1 Ciawi. Metode yang digunakan yaitu eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VII SMP PGRI 1 Ciawi berjumlah 160 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 peserta didik yaitu kelas VII-E berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan saat menerapkan model Problem Based Learning. Hal tersebut dilihat dari rata-rata kelas eksperimen pada pretest adalah 48,43 persentase 48% dan mengalami peningkatan pada nilai posttest menjadi 87 persentase 87%. Hasil nilai pretest pada kelas kontrol 41 persentase 41% dan mendapat nilai posttest 80 persentase 80%. Berdasarkan hasil hitung yang dilakukan dengan melihat perbandingan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus t-tes diperoleh ttabel taraf signifikan 1% sebesar 2,38 serta ttabel taraf signifikan 5% sebesar 1,67. Dengan begitu, thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel dan dapat dikatakan signifikan karena ttabel1,67. Terdapat peningkatan dalam mengembangkan unsur “bagaimana” dalam menulis teks berita serta peningkatan dalam membuat teks berita dengan menggunakan kaidah kebahasaan.

Keywords


Model Problem Based Learning, Keterampilan Menulis, Teks Berita

References


Ade, Sanjaya. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Anam, Khoirul, M.A. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konsekstual, Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/ KTI). Jakarta: Prenada media Grup.

Atmazaki. 2007. Ilmu Sastra: Teori dan Terapan. Padang. UNP. Press.

Creswel, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka

Setia.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013TahunAjaran2014/2015. Jakarta:Badan pengembangan Sumber Daya Manusia pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Keraf, Gorys. 2016. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Komaruddin. 2000. Model Pembelajaran Aktif. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Lexy, J Meleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masnur, Muslich. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyadi, Yadi, et all. 2016. Intisari Tata Bahasa Indonesia Untuk SMP dan SMA. Bandung: Yrama Widya.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Suparno dan Muhammad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Hanry Guntur. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Toeti Soekamto dan Udin S. Winataputra. 1995. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Ditjen Dikti, Depdiknas.

Zainurrahman. 2013. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v4i2.4454 Abstract views : 9 views : 4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.