ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KINANTHI TERLAHIR KEMBALI KARYA TASARO GK SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Suhendra Suhendra, Ainiyah Ekowati, Hanifah Ahzahrah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Kinanthi Terlahir Kembali karya Tasaro GK, yakni religius, nasionalis, mandiri, gotong royog, dan integritas serta mendeskripsikan implikasi hasil penelitian pendidikan karakter dalam novel Kinanthi Terlahir Kembali karya Tasaro GK terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan. Fokus penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter antara lain (1) religius, nilai yang berhubungan dengan Tuhan, (2) nasionalis, nilai yang mementingkan bangsa dan negara di atas kepentingan diri sendiri, (3) mandiri, nilai yang mengarah pada seseorang untuk tidak bergantung pada orang lain, melakukan sesuatu atas dorongan dirinya sendiri, (4) gotong royong, peduli terhadap aktivitas sosial demi kepentingan bersama, (5) integritas, yakni komitmen akan nilai-nilai kejujuran, keteguhan serta menjadikan teladan bagi orang lain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai religius tercermin dalam sikap patuh menjalankan agama yang dianutnya yakni salat dan berdoa bersama. Nilai nasionalis tergambar dalam sikap kerelawanan menggalang dana demi membantu biaya pendidikan di Indonesia. Nilai mandiri tampak pada kegiatan sehari-hari yakni pencari pekerjaan demi mendapatkan penghasilan sendiri dan menyiapkan pendidikan di masa depan. Nilai gotong royong tercermin dalam sikap simpati terhadap aktivitas sosial; membersihkan lingkungan serta bahu-membahu dalam acara sosial demi kepentingan bersama. Nilai integritas tercermin dalam sikap keteguhan menjalani prinsip hidup yang diyakini, yakni tidak mengeluh sehingga apa yang dilakukan dapat menjadi teladan bagi orang lain. 


Keywords


nilai, pendidikan karakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas

References


Adisusilo, Sutardjo. 2013. Pembelajaran Nilai Karakter, Kontruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astuti, Tri Marhaeni Pudji. 2013. Kurikulum 2013 Tekanan Perubahan Sikap Pelajar. Suara Merdeka.

Depdiknas. 2010. Draff Grand Design Pendidikan Karakter. Edisi 23 Oktober 2010.

Djumali, dkk. 2014. Landasan Pendidikan. Surakarta: Gava

Fitri, Agus Zaenal. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

GK, Tasaro. 2012. Kinanthi Terlahir Kembali. Jakarta: Bentang Pustaka.

Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kemdikbud. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasionalâ€. Dalam kemendikbud.go.id. Diakses pada 4 Januari 2021.

Kemdikbud. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter. Dalam https://cerdas berkarakter.kemdikbud.go.id/tentang-ppk/ Diakses pada 4 Januari 2021

Kesuma, Dharma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Koesoma, Doni. 2011. Pendidikan Karakter Strategi mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Kurniawan. 2014. Pendidikan Karakter Konsep & Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Megawati, Ratna, 2004. Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesian Herotage Foundation.

Muchlis, Mansur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pradnya, Patriana, 2007. Hubungan Antara Kemandirian Dengan Motivasi Bekerja Sebagai Pengajar Les Privat Pada Mahasiswa di Semarang. Skripsi: Universitas Diponegoro.

Si Manis. 2019. Pengertian Gotong Royong: Manfaat, Tujuan, Nilai dan Contohnya. Dalam https://www.pelajaran.co.id/gotong-royong Diakses pada 11 Maret 2021

Soelaeman, Munandar. 2001. Ilmu Budaya Dasar, Suatu Pengantar. Bandung. PT Refika Aditama.

Sudrajat, Ajat. 2014. Nilai-Nilai Budaya Gotong Royong Etnik Betawi Sebagai Pembelajaran IPS. Disertasi Sekolah Pasca Sarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Digi@rt.

Zahra, Elvira. 2011. Pengaruh Integritas, Kompetensi dan Loyalitas Kepemimpinan Terhadap Kepercayaan para bwahan di SPBU Perkapalan PT. Pusri Palembang Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis Edisi ke-VI. Dalam https://orasibisnis.files.wordpress .com Diakses pada 11 Maret 2021.


Full Text: PDF PDF PDF PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v1i2.4457 Abstract views : 333 views : 108 views : 57 views : 49 views : 37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.