NILAI MORAL DAN SOSIAL DALAM NOVEL KAMI (BUKAN) SARJANA KERTAS KARYA J. S. KHAIREN

Anggraeni Sulistyawati, Wildan Fauzi Mubarock, Islahuddin Islahuddin

Abstract


Penelitian ini meneliti tentang nilai moral dan nilai sosial dalam novel kami (bukan) sarjana kertas karya J.S. Khairen. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai moral dan mendeskripsikan nilai sosial yang terkandung dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J. S. Khairen, serta mendeskripsikan implementasi nilai moral dan nilai sosial yang terkandung dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S. Khairen pada pembelajaran di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu jenis penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, kalimat faktual, dan akurat mengenai fakta. Data penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, paragraf, dan kutipan dalam novel. Hasil penelitian dan pembahasan, bahwa dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S. Khairen mengandung nilai moral dan nilai sosial yang dapat diimplementasikan sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Nilai moral dan sosial diperoleh dengan menganalisis wujud-wujud nilai yang terkandung dalam novel yang dikaji. Nilai-nilai tersebut diwujudkan dalam berbagai perilaku serta sifat tokoh pada rangkaian cerita novel. Nilai moral yang terkandung pada novel yang dikaji mencakup tiga jenis, yaitu: hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan orang lain, dan hubungan manusia dengan tuhan. Serta nilai sosial mencakup nilai sosial kasih sayang, nilai sosial tanggung jawab, dan nilai sosial keserasian hidup.

Keywords


Nilai Moral, Nilai Sosial, Implementasi Pembelajaran Bahasa

References


Astuti, W. Y. ; Ali Mustadi. 2014. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD. dalam Jurnal Prima Edukasia. Volume 2 Nomor 2. 2014. Hlm. 253

Chaer, A. 2014. Linguistik Umum. Cetakan keempat. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. 2011. TATA BAHASA PRAKTIS BAHASA INDONESIA. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Idayanti, Rosti ; Zufriady. 2019. ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MAHASISWA PGSD FKIP UNIVERSITAS RIAU. Dalam Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). Volume 3 Nomor 5. September 2019. Hlm. 1163.

Imawati, E. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teks Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif. Dalam Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya. Volume 1 Nomor 1. April 2017. Hlm. 56-58.

Johan. Mohamad Gio. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Volume 18 Nomor 1. April 2018. Hlm. 138 dan 140.

Nurwicaksono, B. D. ; Diah Amelia. 2018. ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA PADA TEKS ILMIAH MAHASISWA. Dalam AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2 Nomor 2. Desember 2018. Hlm. 140-141.

Purnama, N. A. ; Indihadi, D. ; Giyartini, R. 2016. Analisis Keterampilan Menulis Kalimat Tanya Melalui Teknik Permainan To Be Detective dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, volume 3 Nomor 2. 2016. Hlm. 210.

Satori, Djaman ; Aan Komariah. 2010. METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. Bandung: Alfabeta.

Sitanggang, S. M. ; Fatimah, S. ; Saud, S. 2018. Analisis Kesalahan dalam Menggunakan Possesivepronomen Bahasa Jerman. Dalam Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. Volume 2 Nomor 1. Maret 2018. Hlm. 30-31.

Supriani, Reni ; Ida Rahmadani Siregar. 2012. Penelitian analisis kesalahan Berbahasa. Dalam EDUKASI KULTURA: JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA. Volume 1 Nomor 2. 2012. Hlm. 69.

Tarigan, H. G. 2018. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v1i2.4464 Abstract views : 714 views : 12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.