ANALISIS NILAI MORAL PADA KUMPULAN CERITA RAKYAT NUSANTARA KARYA YUDHISTIRA IKRANEGARA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMP

Tri Mahajani, Siti Chodijah, Sintia Andiyani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai moral dan implikasi pada kumpulan cerita rakyat nusantara karya Yudhistira Ikranegara tersebut sebagai bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriftif kualitatif yang berupa kata-kata bukan angka-angka pada penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan pada kumpulan cerita rakyat nusantara karya Yudhistira Ikranegara. Nilai moral yang dianalisis pada kumpulan cerita rakyat nusantara yaitu hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial dan hubungan manusia dengan Tuhannya. Dari hasil analisis yang telah ditemukan peneliti sebanyak 53 temuan data., data-data yang telah ditemukan berupa kutipan kalimat. Dari temuan di atas peneliti telah mengkelompokkan tiga jenis nilai moral, pada 1) hubungan manusia dengan diri sendiri terdapat eksistensi diri, harga diri, percaya diri, takut, rindu, dendam dan kesepian, sedangkan 2) hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial terdapat rapuh, kesetiaan, pengkhianatan, kekeluargaan, dan 3) hubungan manusia dengan Tuhannya terdapat harga diri, percaya diri, dendam dan kesepian. Hasil dari temuan data sebanyak 53 temuan data dan mempunyai jumlah hasil dari ketiga jenis nilai moral yaitu hubungan manusia dengan diri sendiri berjumlah 21 kutipan mencapai hasil 40%, hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial berjumlah 23 kutipan mencapai hasil 43%, dan hubungan manusia dengan Tuhannya berjumlah 9 kutipan mencapai hasil 17%. Dapat disimpulkan dari ketiga jenis nilai moral yang berjumlah banyak yaitu hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial. Berdasarkan hasil analisis pada kumpulan cerita rakyat nusantara karya Yudhistira Ikranegara dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, hal ini dapat dilihat dari segi setiap isi cerita rakyat.


Keywords


Nilai Moral, Cerita Rakyat, Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara

References


Alwi. 2003. Tata Bahasa Baku Indonesia Jakarta: Balai Pustaka.

Asfandiyar, Andi Yudha 2007. Cara Pintar Mendongeng. Jakarta: Mizan.

Bertens. 2001. Etika. Jakarta: Gramedia PustakaUtama.

Danandjaja, James. 2007. Folkor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Grafiti.

Dharma. 2004. Manajemen Kinerja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faruk. 2010. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Frondizi. 2011. Pengantar Filsafat Nilai. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kaelan, M.S. 2010. Pendidikan Pancasila, Sleman Yogyakarta: Paradigma offset†Yogyakarta.

Fadillah, M. 2014. Impelementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran. Jakarta: AR- RUZZ MEDIA.

Muslich. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy, J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdayakarya.

Nurgiantoro, Burhan. 2014. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sayuti, Suminto. 2000. Kajian Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Sedyawati, Edi dan Dendy. 2014. Sastra Melayu Lintas Daerah. Jakarta Pusat: Katalog dalam Terbitan (KDT).

Setiadi M. Elly, dkk. 2006. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Fajar Inter Pratama Mandiri.

Saryono, Djoko. 2009. Dasar Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Elmatera Publishing.

Somad, A.A, dkk. 2007. Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia Untuk Kelas X SMA. Jakarta: Pusat Perbukuaan Departemen Pendidikan Nasional.

Soekidjo Notoatmodjo. 2010. Etika dan Hukum Kesehatan. Jakarta: Rineka CIPTA.

Sisyono. 2008. Foklore Jawa di Daerah Aliran Bengawan Solo. Jawa Tengah: Universitas Sebelas Maret.

Sugihastuti. 2007. Teori Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Sumariyono. Etika Hukum. Yogyakarta: Konisius.

Wantah. 2005. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional Direktoret.

http://eprints.uny.ac.id/9387/3/bab%2 02-07204244037.pdf. Diakses pada 22 Juli 2015 18:45 WIB

http://eprints.uny.ac.id/9387/3/bab%2 02-07204244037.pdf. Diakses pada 22 Juli 2015 18:45 WIB.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v1i2.4468 Abstract views : 482 views : 334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.