ANALISIS LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS CERITA INSPIRATIF KELAS IX SMP DI KABUPATEN BOGOR UTARA

Putri Nurengga Budiastuti, Rina Rosdiana, Ainiyah Ekowati

Abstract


Penelitian ini memiliki fokus pada kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery learning pembelajaran dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks cerita inspiratif kelas IX SMP di Kabupaten Bogor Utara. Kemudian penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery learning pembelajaran dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks cerita inspiratif kelas IX SMP di Kabupaten Bogor Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan secara rinci. Sumber data penelitian, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran pada materi pembelajaran teks cerita inspiratif di SMP Negeri 3 Gunungsindur, SMP Negeri 2 Rumpin, SMP Negeri 1 Ciseeng, dan SMP Islam Al-Ghozali. Jenis rencana pelaksanaan pembelajaran yang dipilih, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran dengan model discovery learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah studi pustaka. Triangulasi dilakukan untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian. Model pembelajaran discovery learning memiliki enam langkah-langkah pembelajaran, yaitu stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, atau pengolahan data, verifikasi atau pembuktian, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran teks cerita inspiratif di SMP Negeri 3 Gunungsindur, SMP Negeri 2 Rumpin, SMP Negeri 1 Ciseeng, dan SMP Islam Al-Ghozali sudah sesuai dengan keenam langkah-langkah model pembelajaran discovery learning. 


Keywords


model pembelajaran discovery learning; rencana pelaksanaan pembelajaran; teks cerita inspiratif

References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2017. Mendesain Model Pembelajran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kosasih, Engkos; Restuti. 2016. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Erlangga.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marliana, N. Lia; Suhertuti 2018. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marwiyah, St. Alauudin; Muh. Khaerul Ummah. 2018. Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasisi Penerapan Kurikulum 2013. Sleman: Budi Utama.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, Yadi; Ani Andriyani. 2019. Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP-MTs Kelas IX. Bandung: Yrama Widya.

Priyatni, Endah Tri. 2015. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ratumanan; Imas, Rosmiati. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v3i1.5129 Abstract views : 710 views : 417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.