ANALISIS GAYA BAHASA SIMILE DAN HIPERBOLA DALAM NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Rissa Adittia Tanur, Tri Mahajani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gaya bahasa dalam novel Hujan Bulan Juni dan mengetahui implikasi penggunaan gaya bahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini teknik studi pustaka yaitu mengacu kepada teori-teori para ahli. Data peneliti berupa kutipan kalimat yang mengandung gaya bahasa simile dan hiperbola, kemudian dianalisis dan dideskripsikan. Hasil analisis gaya bahasa pada novel Hujan Bulan Juni ditemukan 40 kutipan, diantaranya: 19 kutipan yang mengandung gaya bahasa simile dan 21 kutipan yang mengandung gaya bahasa hiperbola. hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa di sekolah, terutama di SMA karena adanya penggunaan gaya bahasa simile dan hiperbola. Penggunaan gaya bahasa simile dan hiperbola dapat menambah pengetahuan, mempertajam perasaan, dan penalaran siswa. Dapat disimpulkan bahwa novel hujan bulan juni lebih banyak menggunakan gaya bahasa hiperbola yaitu banyaknya penggunaan kalimat yang melebih-lebihkan suatu hal, dibandingkan dengan kalimat yang menyamatan suatu hal dengan hal lain. Dengan demikian penelitian ini layak untuk dijadikan pembelajaran sastra, khususnya untuk pembelajaran gaya bahasa dalam studi Bahasa Indonesia di SMA.


References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Cetakan 15. Yogyakarta: Rinekacipta.

Damono, Sapardi Djoko. 2015. Hujan Bulan Juni. Jakarta: PT Pustaka Utama

Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra Epistemologi Model Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Ginanjar, Nurhayati. 2012. Pengkajian Prosa Fiksi Teori dan Praktik. Surakarta: Cakrawala Media.

Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Keraf, Gorys. 2015. Diksi dan Gaya Bahasa. Cetakan 3. Jakarta: PT Gramedia.

Kusnin, Muhammad. 2012. Gaya Bahasa Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implementasinya Terhadap Pengajaran Sastra di SMAâ€. Seloka: Jurnal Seloka 1(1) 46-53. Online. http//journal.unnes.ac.id/index.php/seloka. Diunduh 7 Desember 2020.

Maulana, Firman. 2008. Gaya Bahasa†Dalam http://firman94.multiply.com/journal/item/70. Diakses pada tanggal 01 Novemver 2021.

Mihardja, Ratih. 2012. Buku Pintar Sastra Indonesia. Jakarta: Laskar Aksara.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Cetakan 37. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurgiantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Cetakan 11. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhayati. 2012. Pengantar Ringkas Teori Sastra. Yogyakarta: Media Perkasa.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2010. Beberapa Teori Sastra, Metode, dan Penggunaannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, I Nyoman Khutha. 2014. Stilistika: Kajian Puitika, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Staton, Robert. 2012. Teori Fiksi. Cetakan 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi 2. Cetakan 1. Bandung: ALFABETA.

Supriyanto, Teguh. 2014. Kajian Stilistika dalam Prosa. Yogyakarta: Elmatera Publishing.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Pengajaran Gaya Bahasa. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J. 2011. Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: UNS Press.

Waridah, Ernawati. 2017. Kumpulan Lengkap, Pribahasa, Pantun, dan Majas. Jakarta: PT KAWmedia.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v2i1.5131 Abstract views : 738 views : 379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.