Penerapan Pendekatan Pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect Dan Extend) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi Kelas X Di SMA Negeri 1 Tamansari Bogor

Akbar Maulana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui penerapan pendekatan ICARE dalam peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis teks narasi serta, mengetahui kendala yang dihadapi oleh peserta didik dalam menulis sebuah teks narasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan pengamatan. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tamansari. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Pendekatan pembelajaran berbasis ICARE dapat meningkatkan kemampuan menulis teks narasi dengan memperoleh rata-rata nilai prates kelas eksperimen, yaitu 42,5 yang berada pada tingkat penguasaan kurang baik. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen, yaitu 74,3 yang berada pada tingkat penguasaan cukup. Kemudian dapat dilihat juga dari perhitungan diperoleh harga to 0,01= 2,39 dan harga to 0,05 = 1,67. Dengan demikian, thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung yaitu 1,67 <3,5> 2,39. Dengan demikian penerapan pendekatan pembelajaran ICARE dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi meskipun sebagian siswa masih mengalami kendala.


References


Aqib, Zaenal. 2017. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovativ). Bandung: Yrama Widya.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dwijayani, Ni Made. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran ICARE. 8(2): 127.

Emilia, Emi. 2011. Pendekatan Genre-Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Bandung: Rizqi Press.

Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Depok: Rajawali Pers.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Muharti, M. 2016. Pengaruh Penerapan Model ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, and Extend) Terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMK (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Resmini, Novi. Dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Upi Press.

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Subini, Nini. Mengenal Teks Cerpen Difinisi, Ciri, dan Struktur. Yogyakarta: Mentari Pustaka: 2012

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud:2015

Tompkins, Gail. 1994. Teaching Writing Balancing Process and Product. United States of America: College Publishing Company.

Yumiati. Dkk. 2015. Pembelajaran ICARE (Inroduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) dalam Tutorial Online Untuk Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa UT. 4(2): 183-186.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v2i1.5132 Abstract views : 257 views : 133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.