KAJIAN SOSIOLINGUISTIK ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA VIDEO PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI YANG DISAJIKAN DALAM MEDIA YOUTUBE

Yanto Bedi Yanto, Bella Nurzaman

Abstract


Penelitian ini membahas tentah alih kode dan campur kode dalam video pembelajaran teks deskripsi yang disajikan mendia youtube. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak disertai teknik lanjuan yaitu teknik sadap, bebas , libat cakap (SBLC), teknik rekam dan catat. Langkah selanjutnya data dianalisis berdasarkan teori sosiolingustik, kususnya teori alih kode dan campur kode dari teori Abdul Chaer dan Agustina, Suandi dan Suito. Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode , serta mendeskripsikan peyebab terjadinya alih kode dan campur kode. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini mengenai interaksi dalam pembelajaran yang berlangsung dalam pembelajaran jarak jauh melalui media zoom. Video pembelajaran yang dianalisis yaitu hasil rekaman pembelajaran melalui media zoom yang diunggah di media youtube.

Adapun penemuan-penemuan dalam penelitian ini adanya alih kode dan campur kode. Temuan alih kode yang terdapat dalam penelitian ini yaitu bentuk alih kode internal yaitu dengan peralihan bahasa daerah seperti Sunda, Padang, dan Jawa ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. sedangkan penyebab yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu (1) penutur yang menggunakan bahasa daerah guna untuk mengimbangi bahasa yang digunakan lawan tutur dan faktor ketidak kesengajaan. (2) lawan tutur yang menggunakan bahasa daerah. Sedangkan data yang diperoleh dengan analisis campur kode yaitu bentuk campur kode kedalam dan ke luar. camur kode kedalam berarti penggunaan sisipan dalam tuturan bahasa indonesia dan bahasa daerah seperti bahasa Sunda, Padang dan jawa. Campur kode keluar berarti ada sisipan kata asing dalam tuturan bahasa Indonesia. Sedangkan penyebab terjadinya campur kode tersebut (1) penutur yang menggunakan bahasa daerah secara tidak sengaja. (2) lawan tutur yang mebbgunakan sisipan bahasa daerah. (3) faktor keragaman yang ada sehinga sudah terbiasa dengan adanya alih kode tersebut.

 

 


Keywords


alih kode, campur kode, alih kode internal

References


Afifah Nur Isnaini. dkk. 2015. Campur Kode da Alih Kode Siwa SMA Negeri 1 sepatuh Agung.Jurnal kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran) 1(1) 1-10.

Aprilliani, s. 2016. Alih Kode dan Campur Kodedaam Vidgram D_Kadoor dalam Ranah Sosiolingustik. Jurnal BALAPA,5(2): 1-8 Jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.

Assaspari, M. 2014 Eksistensi Bahasa ndonesia Sebagai Bahasa Nasional dan Perkembangan di Era Globalisasi. Jurnal Bahasa, Seni dan Pengajarannya, 9(18):29-37.doi: 10.23887/prasi.v9i18,8943.

Aslinda dan Leni Syafayahya. 2010. Pengantar Sosiolingustik. Bandung: Refika Aditama.

Ayu Fauziyah, dkk.2019. Fenomena Alih Kode dan Campur Kode dalam Angkutan Umum (ELF) Jurusan Sindang Terminal Harjamukti Cirebon Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(2): 79-90.

Azwar, S. 2009. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Pelajar.

Bintara,f., Saddhomo.,Purwadi, 2017 Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Bahasa, 5(1) : 77-91. Joural.unne.ac.id.

Chaer, Abdul. 2012. Lingustik Umum.Jakarta: Renika Cipta.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2012. Sosiolingustik: Perkenalan Awal. Jakarta: Renika Cipta.

Eliya, i., Zuleha,i., Pola Komunikasi Politik Ganjar Pranowo dalam Perfektif Sosiolingustik di Media Sosial Instagram. Jurnal Seloka, 6(3) : 286- 296,journal .unnes.ac.id

Eka Nurul Mualimah,2018. Campur Kode dan Lih Kode Pada Proses Belajar Mengajar.journal of langue learning and research (JOLLAR), 2 (2) : 35-47. Dol:10.22236/JOLLAR.

Ida Agustinuraida. 2017. Alih Kode dan Campur Kode dalam Tuturan Bahasa Bahasa Indonesia Oleh Mahasiswa Podi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Galuh Ciamis. 1(2): 65-7.

Indriani, N. 2017. Penggunaan Campur Kode dan Alih Kode dalam Proses Pembelajaran di SMP ubung pulau Baru. Jurnal totobuang, 5(2) : 299-314. Doi:10.26499/ttbng.v9i.389.

Jayanti, R. (2018). Alih Kode Bahasa Jawadalam Interaksi Kelas di MA Assulaimaniyah Mojoagung. Matapena: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 137-150.

Lestari, A. D., & Sabardila, A. (2020). Jenis Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMPN 3 Colomadu (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Muliawati, H., Solikhin, S., & Nursyamsiah, U. (2019). Penggunaan Campur Kode dan Alih Kode dalam Transaksi Jual Beli Pedagang Kaki Lima di Cirebon. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 83-90.

Muklis, M. Pengajaran Bahasa dalam Perspektif Sosiolingustik. Jurnal Dinamika Ilmu. 11(1) : 1-12. doi.org/10.21093/dl. V111/1.47.

Mustikawati, D.A. 2015. Alih Kode dan Campur Kode Antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran,3(2):2332. http://journal.umpo.ac.id/index.php/di mensi/articel/view/154.

Nugroho, A. (2011). Alih Kode dan Campur Kode pada Komunikasi Guru-Siswa di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. Jurnal (Internet)(http://eprints.uny.ac.id/21918/1/Adi%20Nugroho%2007204241039.pdf). Diakses Tanggal, 28.

Sabilla, A. F. (2020). Pengaruh Alih Kode dan Campur Kode pada Kanal Youtube Nihongo Mantappu' terhadap ksistensi Pemakaian Bahasa Indonesia di Era Globalisasi.

Safitri, D. (2012). Alih Kode dan Campur Kode pada Dialog Film Sang Pencerah yang Disutradarai oleh hanung Bramantyo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Siti Munawaroh. 2019. Alih Kode dan Campur Kode pada Komunitas Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri Muara Sugih. Dalam sekripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Pelembang.

Suherli Kusuma, dkk. 2019. Cerdas Berbahasa. Bandung: Yrama Widia.

Tsuraya, K. (2020). Alih Kode Dan Campur Kode dalam Percakapan Masyarakat Keputih Perintis di Surabaya: Kajian Sosiolinguistik (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v2i1.5331 Abstract views : 1020 views : 351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.