ANALISIS KETERBACAAN TEKS DALAM BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI DENGAN MENGGUNAKAN FORMULA GRAFIK FRY

Suhendra Suhendra, Annisa Nurramadanti

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui keterbacaan teks yang terdapat dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI dengan menggunakan Formula Grafik Fry, dan mengetahui kesesuaian teks yang digunakan dalam buku dengan jenjang sekolah siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan memanfaatkan studi kepustakaan. Dalam penelitian ini, peneliti akan menguji tiga buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI. Buku yang digunakan adalah Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Kelas XI Penerbit YRAMA WIDYA, Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan Buku Teks Bahasa Indonesia ESPS untuk Kelas XI Penerbit Erlangga. Pada masing-masing buku teks akan diuji lima belas teks, jumlah total teks yang akan diuji keterbacaannya adalah 45 teks. Nantinya dengan menggunakan 45 teks tersebut akan ditentukan jumlah kalimat utuh, jumlah suku kata, jumlah kata sisa pada kalimat terakhir, rata-rata kalimat utuh, dan rata-rata suku kata. Hasil analisis data dari 45 teks yang diukur, 25 teks menunjukan hasil Tidak Sesuaiâ€, 16 teks menunjukan hasil Sesuai†dan 4 teks menunjukan hasil Invalidâ€. Berdasarkan data tersebut, jumlah keterbacaan teks yang tidak sesuai jenjang kelas lebih tinggi dibandingkan keterbacaan teks yang sesuai dengan jenjangnya. Artinya, tingkat keterbacaan pada ketiga buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI memiliki tingkat keterbacaan yang mudah.

Keywords


Keterbacaan, Formula Grafik Fry, Buku Teks

References


Irwansyah, Nur. 2016. Buku Mata Kuliah Membaca. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.

Kosasih, E. 2017. Jenis-Jenis Teks. Cetakan Ketiga. Bandung: Yrama Widya.

Laksono, Kisyani dkk. 2017. Membaca 2. Edisi Pertama. Cetakan Kedua. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mafrukhi, Wahono. 2019. ESPS Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Wajib. Jakarta: Erlangga.

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif.

Edisi 35. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, Yadi. 2017. Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Untuk Siswa SMA-MA/SMK-MAK Kelas XI. Cetakan Kedua. Bandung: Yrama Widya.

Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sarimanah, Eri. 2018. Model Pembelajaran Membaca Berbasis Strategi Metakognitif PQ4R. Bogor: UIKA Press.

Sitepu, B P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan 21. Bandung: Alfabeta.

Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suladi; Astuti, Dwi Wiwiek; Biskoyo, K. 2000. Keterbacaan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Buku Pelajaran SLTP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tarigan, Henry guntur; Tarigan Djago. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa Bandung.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v2i1.5334 Abstract views : 422 views : 17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.