PENGGUNAAN APLIKASI CAPCUT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 4 JAMPANGTENGAH KABUPATEN SUKABUMI
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui penggunaan aplikasi CapCut untuk meningkatkan keterampilan menulis teks iklan serta, mengetahui kendala yang dihadapi oleh peserta didik dalam menulis sebuah teks iklan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 4 Jampangtengah. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Penggunaan aplikasi CapCut dapat meningkatkan keterampilan menulis teks iklan dengan memperoleh rata-rata nilai prates kelas eksperimen, yaitu 42,72 yang berada pada tingkat penguasaan kurang mampu Rata-rata nilai postes kelas eksperimen, yaitu 84,95 yang berada pada tingkat penguasaan mampu. Kemudian dapat dilihat juga dari perhitungan diperoleh harga to 0,01 = 2,38 dan harga to 0,05 = 1,68. Dengan demikian, thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung yaitu 1,68 <2,40> 2,38. Dengan demikian ppenggunaan aplikasi CapCut dapat meningkatkan keterampilan menulis teks iklan meskipun sebagian siswa masih mengalami kendala.
Kata Kunci: keterampilan menulis, teks iklan, aplikasi CapCut.
Abstract. The purpose of this study was to determine the use of the CapCut application to improve the skills of writing ad text and to find out the obstacles faced by students in writing an advertising text. The method used in this research is the experimental method. Data collection techniques used are tests, questionnaires, and observations. The population in this study were students of class VIII SMPN 4 Jampangtengah. The sample of this research is class VIII-A as the experimental class and class VIII-B as the control class with cluster random sampling technique. The use of the CapCut application can improve advertising text writing skills by obtaining an average pretest score of the experimental class, which is 42.72 which is at the level of poor mastery. Then it can be seen from the calculation that the price to 0.01 = 2.38 and the price to 0.05 = 1.68 can be seen. Thus, tcount is significant because the value of ttable < tcount is 1.68 <2.40> 2.38. Thus the use of the CapCut application can improve the skills of writing ad text even though some students are still experiencing problems.
Keywords: writing skills, ad text, CapCut application
References
REFERENSI
Arikunto. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Baenil Huda, B. P. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Manajement System (CMS) UntukPengembangan Bisnis Berbasis E-Commerce. Systematics, Vol. 1, No. 2, Desember 2019, 81-88.
Cutiepie. (2022). Penjelasan Singkat Mengenai Aplikasi Capcut Mod Apk Dan Link Download. [Online]. Diakses dari https://retizen.republika.co.id/posts/135189/penjelasan-singkat-mengenai-aplikasi-capcut-mod-apk-dan-link-download.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Fajri, I. (2021). Pengenalan lengkap aplikasi CapCut. [Online]. Diakses dari https://okeguys.com/multimedia/video-editing/pengenalan-aplikasi-capcut/amp.
Jaka. (2020). Cara menggunakan Aplikasi capcut untuk pemula, mudah dan hasilnya bagus. [Online]. Diakses dari https://www. /amp/s/jalantikus.com/amp/tips/cara-menggunakan-aplikasi-capcut.
Jemadu, L. (2020). Capcut Jadi Aplikasi Best For Fun Di Google Play Store Indonesia. [Online]. Diakses dari https://amp.suara.com/tekno/2020/12/04/010500/capcut-jadi-aplikasi-best-for-fun-di-google-play-store-indonesia
Kosasih. (2018). Jenis-jenis teks. Bandung: Yrama Widya
Kemendikbud. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud
Mahsun, M.S. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyadi, Yadi. DKK. (2017). Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia untuk siswa SMP-MTS Kelas VIII. Bandung: Yrama Widya
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
Rohmah, N. (2021). Media Pembelajaran Masa Kini: Aplikasi Pembuatan Dan Kegunaannya. Jurnal PGMI, Volume 4 Nomor 2 Desember 2021, 127-131.
Ros. D. (2022). 7 Manfaat Aplikasi Capcut Terbaru. [Online]. Diakses dari https://retizen.republika.co.id/posts/139827/7-manfaat-aplikasi-capcut-tebaru.
Sudjiono. (2015). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantiatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susianto, J. S. (2019). Aplikasi Akutansi Persediaan Obat Pada Klinik Kantorbadan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Lampung. Jusinta, Vol.2 No.1 Mei 2019, 24-32.
Suhartini. (2017). Aplikasi Alat Bantu Belajar Bahasa Inggris Seklah Dasar Menggunakan Adobe Flash Cs.6 (Studi Kasus: Sdut Fathona Baturaja). Jurnak Sistem Informasi dan Komputererisasi akuntasi (Jks) Vol. 01. No. 01, Hal. 71-80.
Supriyadi. (2018). Keterampilan Dasar Menulis. Gorontalo: Globe Edit.
Setiawan, A. (2022). Aplikasi Capcut, Aplikasi Edit Video Yang Popular Dan Canggih. [Online]. Diakses dari https://www.viva.co.id/amp/digital/digilife/1462438-aplikasi-capcut.
Tarigan. H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tomtekno.com. (2021). Asal dan sejarah aplikasi capcut dibuat. [Online]. Di akses dari https://www.tomtekno.com/2021/01/sejarah-dan-negara-asal-pembuat-aplikasi-capcut.
Zainurrahman. (2011). Menulis: dari Teori Hingga Praktik Penawar Racun Plagiarisme. Bandung: Alfabeta
DOI: 10.55215/triangulasi.v2i2.6732 Abstract views : 3602 views : 1783
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.