ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP PLUS AL-WATASI CARINGIN BOGOR
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa pada teks deskripsi siswa kelas VII SMP Al-Watasi Caringin Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah karangan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Al-Watasi Caringin. Kesalahan berbahasa yang dilakukan adalah Ejaan Bahasa Indonesia berupa kesalahan penggunaan kata dan kesalahan penulisan kata. Dari hasil analisis tersebut, ditemukan 83 data. Kesalahan penggunaan huruf sebanyak 47 kesalahan (56.62%) dan penggunaan penulisan kata sebanyak 36 data (43.37%). Maka, dapat dilihat bahwa kesalahan yang dominan dalam penelitian ini ialah kesalahan penggunaan huruf, yaitu sebanyak 47 data (56.62%). Penelitian ini diharapkan dapat membantu pengajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Kesalahan berbahasa; kesalahan penggunaan huruf; kesalahan penulisan kata; teks deskripsi siswa
References
Astuti, W. Y. dan Ali Mustadi. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. dalam Jurnal Prima Edukasia. Volume 2 Nomor 2. 2014. Hlm. 253.
Chaer, A. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, A. 2014. Linguistik Umum. Cetakan keempat. Jakarta: Rineka Cipta.
Idayanti, Rosti; Zufriady. 2019. Analisis Keterampilan Menulis Surat Resmi Mahasiswa PGSD Fkip Universitas Riau. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). Volume 3 Nomor 5. September 2019. Hlm. 1163
Imawati, E. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teks Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya. Volume 1 Nomor 1. April 2017. Hlm. 56-58
Johan, Mohamad Gio. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Volume 18 Nomor 1. April 2018. Hlm. 138 dan 140.
Nurwicaksono, B. D. dan Amelia, Diah. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Ilmiah Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2 Nomor 2. Desember 2018. Hlm. 140-141
Purnama, N. A., Indihadi, D., Giyartini, R. 2016. Analisis Keterampilan Menulis Kalimat Tanya Melalui Teknik Permainan To Be Detective dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, volume 3 Nomor 2. 2016. Hlm. 210
Satori, Djaman dan Komariah, Aan. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sitanggang, S. M., Fatimah, S., dan Saud, S. 2018. Analisis Kesalahan dalam Menggunakan Possesivepronomen Bahasa Jerman. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. Volume 2 Nomor 1. Maret 2018. Hlm.
REFERENSI
Astuti, W. Y. dan Ali Mustadi. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. dalam Jurnal Prima Edukasia. Volume 2 Nomor 2. 2014. Hlm. 253.
Chaer, A. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, A. 2014. Linguistik Umum. Cetakan keempat. Jakarta: Rineka Cipta.
Idayanti, Rosti; Zufriady. 2019. Analisis Keterampilan Menulis Surat Resmi Mahasiswa PGSD Fkip Universitas Riau. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). Volume 3 Nomor 5. September 2019. Hlm. 1163
Imawati, E. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teks Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya. Volume 1 Nomor 1. April 2017. Hlm. 56-58
Johan, Mohamad Gio. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Volume 18 Nomor 1. April 2018. Hlm. 138 dan 140
Nurwicaksono, B. D. dan Amelia, Diah. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Ilmiah Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2 Nomor 2. Desember 2018. Hlm. 140-141
Purnama, N. A., Indihadi, D., Giyartini, R. 2016. Analisis Keterampilan Menulis Kalimat Tanya Melalui Teknik Permainan To Be Detective dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, volume 3 Nomor 2. 2016. Hlm. 210
Satori, Djaman dan Komariah, Aan. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sitanggang, S. M., Fatimah, S., dan Saud, S. 2018. Analisis Kesalahan dalam Menggunakan Possesivepronomen Bahasa Jerman. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. Volume 2 Nomor 1. Maret 2018. Hlm.
DOI: 10.55215/triangulasi.v2i2.6733


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.