Penggunaan Media Wall Chart dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Bogor.
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media wall chart dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 7 Bogor serta untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis teks cerpen melalui penggunaan media wall chart. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IX-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-6 sebagai kelas kontrol dengan teknik Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama yaitu Penggunaan media wall chart dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen dapat teruji kebenarannya. Hal ini dibuktikan dengan hasil prates kelas eksperimen yang memeroleh nilai rata-rata kelas 60 berarti keterampilan siswa berada dalam kategori cukup mampu dalam menulis teks cerpen, sedangkan pada hasil posttest nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat jadi 82 dengan taraf mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga thitung=2,61 dan d.b=68 dengan t taraf dituliskan menjadi 1,67 < 2,61 > 2,39. hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis yang kedua yaitu, siswa mengalami kendala dalam menentukan ciri kebahasaan dalam teks cerpen bagian memuat kata-kata yang merujuk pada peristiwa yang dialami pelaku. Hasil angket menyatakan bahwa saat siswa menentukan ciri kebahasaan dalam teks cerpen bagian memuat kata-kata yang merujuk pada peristiwa yang dialami pelaku. Dengan demikian, penggunaan media wall chart dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen walaupun terdapat kendala dalam menulis teks cerpen. Akan tetapi, hal itu tidak berpengaruh terhadap peningkatan yang dicapai oleh siswa.
Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Cerpen, Pendekatan Media Wall Chart
ABSTRACT
The aim of the research is knowing the use of wall chart to increase students ability to write short story, class IX students of SMP Negeri 7 Bogor as well as to know the constraints of students in writing the text of the short story through the use of wall chart. Methods that is used is experimentation. Data collection techniques are used i.e. tests, questionnaire and observations. The population in this study i.e., class IX-7 as experimental class and class IX-6 as the control class with the Cluster Random Sampling techniques. The first hypothesis, namely the use of the media wall chart in improving writing skills text short stories can be tested. This is proved by the results of the experiment class prates duration average grade 60 means skills students are in the category quite capable in writing the text of the short story, while on the posttest results average score increased experiment class so 82 level can afford. The results of the comparison of the mean class experiments with the control class by using the formula t test, obtained price data thitung = 2.61 and d. b = 68 with t level is rendered into a 1.67 <2,61> 2.39. it showed a significant increase in the classroom experiments. The second hypothesis, namely, students experiencing linguistic characteristics in defining the constraints in the short story section contains words that refer to events experienced by the perpetrator. The results of the now declares that linguistic traits determine the student's time in the text of the short story section contains words that refer to events experienced by the perpetrators. Thus, the use of media wall chart can improve writing skills text short stories though there were constraints in writing the text of the short story. However, it has no effect against the increase achieved by the student.
Keyword: writing Skills, Text of the Short Story, Media Approach Wall Chart
References
Akhidah. Sabarti, dkk. 1991. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pragmatik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemdikbud
Hernowo. 2004. Quantum Writing. Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis. Bandung: Mizan Learning Center.
Isnawati, E. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.
Kartimi, Tiem. 2006. Perencanaan Menulis Karangan. Bogor. FKIP Universitas Pakuan.
Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muryanto, A. Kristiawan 2008. Aku pandai menulis cerpen menulis cerpen. Klaten: PT Intan Sejati.
Nugianto, Burhan 2009 Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yoygakarta: Anggota IKAPI.
Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Yoygakarta: BPFE- Yogyakarta.
Rampan, Karrie Layun. 2009, Apresiasi Cerpen Indonesia Mutakhir. Jakarta: Bukupop.
Sadiman, A.S, Raharjo, R, & dkk. (2008). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sadirman, Arif S.R. Raharjo, Anung Haryono, dan Rahardjito, 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sanaky Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sigiyono. 2017 Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Soeparno, 1987.Media Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: PT Intan Pariwara
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Suherli dkk, 2017. Bahasa Indonesia Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Hernri Guntur. 2008. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Pencetakan Angkasa.
Wati, Ega Rima Pembelajaran. 2016. Ragam Media. Jakarta: Kata Pena.
www. Sumber pengertian.co/pengertian-teks-menurut-para ahli
DOI: 10.55215/triangulasi.v2i2.6734 Abstract views : 213 views : 173
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.