MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI

Siti Nurmalasari Dewi, Aam Nurjaman, Mukodas Mukodas

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Al-Watasi Bogor serta untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis teks eksposisi melalui model Problem Based Learning. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X SMK Al-Watasi Bogor berjumlah 134 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 siswa yaitu kelas X-C berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-B berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Berdasarkan analisis data, hipotesis pertama yaitu penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa dapat teruji kebenarannya. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata kelas 51 berarti keterampilan siswa berada dalam kategori kurang mampu dalam menulis teks eksposisi, sedangkan pada hasil posttest nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat menjadi 81 dengan taraf mampu. Berdasarkan hasil perhitungan selisih antara nilai pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus N-Gain diperoleh nilai kelas eksperimen 0,6 dengan kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh nilai 0,4 masuk ke dalam kategori sedang. Hal tersebut menunjukan bahwa setelah diterapkan model Problem Based Learning kelas eksperimen mengalami hasil peningkatan yang signifikan. Hipotesis yang kedua yaitu, kendala yang dialami siswa saat menulis teks eksposisi terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket yang menyatakan bahwa siswa mengalami kendala saat menggunakan kaidah kebahasaan dalam menulis teks eksposisi berjumlah 21 siswa atau 68% dan mengalami kendala pada struktur argumentasi dalam menulis teks eksposisi berjumlah 18 siswa atau 58%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Al-Watasi Bogor, meskipun pada saat membuat teks eksposisi siswa mengalami kendala.

Kata Kunci:    Model Problem Based Learning, Keterampilan Menulis, Teks Eksposisi.

 

Abstract. This research is intended to know improvements of models problem-based learning against textual writing skills exposition class students X SMK Al-Watasi Bogor and to know the student constraints in the text writing exposition through models problem-based learning. The method used was experimental methods. The data collection techniques used are tests, questionnaire, and assessments. The population in this research is class X SMK Al-Watasi Bogor number 134. The sample of this research is as much 67 students which class XC numbers 34 students as an experimental class and class XB numbers 33 students as a control class. Sample taking technique using Cluster Random Sampling. According to data analysis, the first hypothesis is the application of models Problem-Based Learning can improve the skill of writing the exposition text students can be verified. It is proven by the results pretest in an experimental class with an average score of 51 means students skills are in the category inadequate in writing the exposition text, while on the result posttest the average grade in the experimental class went up to 81 the extent capable enough. Based on the results of the calculation of the difference between the pretest-posttest scores of the experimental class and the control class using the N-Gain formula, the experimental class scores 0.6 in the medium category, and the control class scores 0.4 in the medium category. This shows that after applying the Problem Based Learning model, the experimental class experienced a significant increase. The second hypothesis is the problem a student has when writing a text exposition verified. Based on the result of the installment stating that students have a problem using the language code to write some of exposition texts 21 students or 68% and had a problem with the structure of the argument in the text of the number of exposures 18 students or 58%. It may thus be concluded that the application of models Problem-Based Learning can improve the skill of writing the eksposisi text of class students X SMK Al-Watasu Bogor, although at the time it makes the eksposisi text of the students run into obstacles.

Keywords:   Model Problem-Based Learning, Writing Skills, Eksposition Text


References


REFERENSI

Amir,T.M. (2016). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group.

Astuti, M. (2019). Yuk Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan. Depok: Penerbit Duta.

Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmawati, U. (2015). Ragam teks pengetahuan dan penerapan. Klaten: PT Intan Pariwara.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Huda , M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Johar, R. & Hanum, L. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks. Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.

Kustawan, D. (2013). Pembelajaran yang Ramah (Merancang Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan di Sekolah Ramah Anak). Yogyakarta: Luxima.

Meltzer. (2002). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Miswar, dkk. (2016). Perbedaan Model Problem Based Learning pada Hasil Belajar Geografi. Yogyakarta: Media akademi.

Munirah. (2015). Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Ngalimun. (2015). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Samosir dan Haryanti, S. (2016). Menulis. Tangerang: PustakaMandiri.

Setyaningsih, I. (2019). Mengenal Jenis-Jenis Teks. Yogyakarta: PT Penerbit Intan Pariwara.

Sudijono, A. (2017). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto, T.T.T. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, H. (2018). Materi Utama Bahasa Indonesia SMA. Depok: Puri Cipta Media.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v2i2.6735 Abstract views : 241 views : 141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.