SEMIOTIKA DALAM NOVEL I AM SARAHZA KARYA HANUM RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA SERTA IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA

Afifa Salsabila, Tri Mahajani, Stella Talitha, Siti Chodijah

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek tanda yang terdapat pada novel I Am Sarahza karya Hanum Rais dan Rangga Almahendra serta implikasinya bagi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Wujud data pada peneitian ini adalah berupa kutipan yang mengandung aspek tanda pada novel I Am Sarahza. Berdasarkan wujud data dan sumber data, maka data yang berupa kutipan diidentifikasi berdasarkan aspek tanda yang terkandung dalam novel. Penelitian ini dapat diimplikasikan pada siswa kelas XII, dan dapat diterapkan pada materi unsur intrinsik dan ektrinsik pada novel. Penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pendidik sebagai pengajaran bahasa Indonesia dan dapat memberikan ilmu pendidikan sastra serta bagi siswa dapat mengambil segi positif dari novel I Am Sarahza.

Kata Kunci: Karya Sastra, Novel, Aspek Semiotika, Implikasi pembelajaran bahasa.

 

ABSTRACT: The purpose of this study is to describe the aspects of signs contained in the novel I Am Sarahza by Hanum Rais and Rangga Almahendra and their implications for learning Indonesian language and literature in high school. The data source used in this research is the novel I Am Sarahza by Hanum Rais and Rangga Almahendra. The form of data in this research is in the form of quotations containing aspects of signs in the novel I Am Sarahza. This research can be implicated in class XII students, and can be applied to the intrinsic and extrinsic elements of the novel. This research can be used by educators as an Indonesian language teaching and can provide literary education and for students to take the positive aspects of the novel I Am Sarahza.

 

Keywords: Literary Works, Novels, Semiotic Aspects, Implications of language learning.


References


Amalia, Fitri; Anggraeni, Asri Widyaruli. 2017. Semantik: oooooKonsep dan Contoh Analisis. Malang: Madani.

Arifin, Zaenal; Anung Haryono. 2016. Metodologi oooooPengajaran Bahasa dan Sastra. Tanggerang: PT oooooPustaka Mandiri.

Astriningsari, Ambarini; Nazia Maharani Umaya. 2010. oooooSemiotika: Teori dan Aplikasinya pada Karya Sastra. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul; Muliastuti, Liliana. 2020. Semantik Bahasa oooooIndonesia. Tangerang Selatan: Universitas terbuka.

Faruk. 2015. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka oooooPelajar.

KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] dapat diakses di: http://kbbi.web.id/pusat. [Diakses pada 10 Agustus 2021]

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rais, Hanum Salsabila; Rangga Almahendra. 2018. I Am Sarahza. Jakarta: Republika.

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Solchan, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

PBSI, FKIP. 2012. Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi. Bogor: Universitas Pakuan.

Wahyudin, dkk. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta Universitas Terbuka.

Wellek, Rene; Austin Warren. 2016. Teori Kesusastraan. oooooJakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Zaimar, Okke K.S. 2014. Semiotik dan Penerapannya dalam oooooKarya Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v4i1.7231 Abstract views : 30 views : 16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.