ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN RARA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Kardi Kardi, Wildan Fauzi Mubarock, Muhamad Firman Alfahad

Abstract


Pendidikan karakter merupakan sesuatu upaya dalam membentuk generasi yang berkualitas. Pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter dapat ditanamkan secara langsung maupun tidak langsung seperti tayangan-tayangan video animasi. Peneliti ini akan menganalisis nilai-nilai karakter dalam film animasi Nussa dan Rara. Sub Fokus penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter religius, integritas, mandiri, nasionalis, dan gotong royong. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis gambaran nilai-nilai karakter dalam animasi Nussa dan Rara episode merdeka, ambil gak ya, jangan bicara, toleransi, dan eksperimen. Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik yang digunakan adalah studi pustaka. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa nilai religius tercermin dalam dialog perkataan dan tindakan tokoh yang ada dalam film animasi Nussa dan Rara yaitu ketika tokoh Rara berdo’a. Nilai integritas terdapat dalam tindakan Nussa dan Rara yang bersikap jujur dan menjadi contoh panutan yang baik. Nilai mandiri dicerminkan dalam tindakan Nussa yang dengan rajin mengerjakan pekerjaan rumah. Nilai karakter nasionalis tercermin dalam dialog percakapan ketika tokoh Rara berteriak merdeka merdeka merdeka. Nilai karakter gotong royong ditunjukan oleh tindakan Nussa dan Rara yang membantu tokoh Kakak Kurir. Dengan demikian nilai-nilai pendidikan karakter dalam animasi Nussa dan Rara dapat dijadikan referensi data bahan mengajar penanaman nilai-nilai karakter pada anak.

Keywords


nilai-nilai karakter; film animasi; Nusa Rara

References


Arisandi Makna Semboyan Silih Asih, Silh Asah, Silih Asuh, Siliwangi. Pada tautan: https://www.kompasiana.com. Diakses pada 9 Agustus 2022.

Azzumadi Azra. (2001: 48). “Pendidikan Karakter” pada tautan: www.kompas.com diakses pada 9 Agustus 2022.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (2010). Bahan Penelitian Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemen Diknas.

Doni Koesoema A. (2007: 1-3). Pendidikan Karakter. Jakarta : PT. Grasindo.

Nussa Oficial. Film Animasi Nussa dan Rarra Seasion 2. Pada tautan: https://youtube.com/c/NussaOficialSeries. Diakses pada 3 Juli 2022.

Kemendikbud (2017 : 8-9). Penguatan Pendidikan Karakter. Pada tautan: https://www.kemdikbud.go.id. Diakses pada 9 Agustus 2022.

Kemendikbud, (2010). Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Pada tautan: https://puspeka.kemdikbud. go.id. Diakses Pada 19 Januari 2022.

Kemendikbud. (2017: 8). Pendidikan Karakter. Pada tautan: https://www. kemdikbud.go.id. Diakses pada 20 Juli 2022.

Kemendikbud. (2017). Tri Pusat pendidikan. Pada tautan: https://www.kemdikbud. go.id. Diakses pada 20 Juli 2022.

Kementrian Pedidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan, pusat kurikulum (2010: 14). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa pedoman sekolah. Jakarta: Samosir,

Fransiska, Dkk. (2019: 30). Journal-Efektifitas Youtube Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa. Bengkulu. Pada tautan: http://e-journal.unair.ac. id/index.php/RLJ Diakses Pada 19 Januari 2022.

Sukitman, Tri, (2 Agustus 2016). Journal-Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran. Sumenep. Journal Pen-didikan.

Suyanto. (2010: 12). Urgensi pendidikan karakter. Pada tautan: http://sman1batu.sch.id. Diakses pada 9 Agustus 2022.

Tadkiroutun Musfiroh. (2008). Pendidikan Karakter. UNY. Pada ebok panduan pendidikan karakter di smp.

Tilman, Diane. (2004: 20-21). Living Values Activites for Young Adults (Pendidikan Nilai untuk Kaum Dewasa-Muda). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia. (No.20.2003). Tantang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Harrarindu.

Yahya Khan D. (2010: 1). Pendidikan Karak-ter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: pelangi publishing. Pada tautan: www.wahdah.or.id. Diakses pada 9 Agustus 2022.

Silitonga, M.K., dan Rosyiada, S (2015). Animasi Interaktif Sebagai Media Sosialisasi Indonesia. Retrieved from. Pada tautan: http://repository.bsi.ac.id. Diakses pada 29


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v3i2.7629 Abstract views : 146 views : 103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.