PENERAPAN APLIKASI TIK TOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PANGGARANGAN KABUPATEN LEBAK

Wina Respiana, Roy Efendi, Siti Chodijah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran membaca teks berita setelah menggunakan aplikasi Tik Tok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Panggarangan Kabupaten Lebak, dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami siswa dalam membaca teks berita melalui penerapan aplikasi Tik Tok. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Panggarangan Kabupaten Lebak. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol dengan teknik sample cluster random sampling. Penerapan aplikasi Tik Tok dapat meningkatkan keterampilan membaca teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Panggarangan Kabupaten Lebak. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa hipotesis tersebut telah teruji kebenarannya melalui prates dan pascates. Hal ini dapat dibuktikan dengan pemerolehan data prates kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 50 dengan keterangan kurang mampu, sedangkan nilai rata-rata pascates di kelas eksperimen dalam menulis teks berita yaitu 88 dengan taraf kemampuan sangat mampu. Untuk memperkuat bukti kebenaran hipotesis pertama maka dilakukan perhitungan perbedaan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga thitung = 3,27 dan d.b = 60, selanjutnya dilakukan pengetesan pada satu skor nilai “t”. d.b. 60 dan diperoleh harga t0,05 = 1,67 dan harga t0,01 = 2.39. demikian, thitung jauh lebih besar dari pada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung, yaitu 21,67<3,27>2,39.

Keywords


membaca teks berita; aplikasi Tik Tok

References


Dewa, C, B dan Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi.

Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Yogyakarta: Universitas Bina Sarana Informatika.

Fatimah, Kartini, Bohang. (2018). Tik Tok Punya 10 juta pengguna Aktif di Indonesia-Kompas.com. Retrieved September 10, from https://tekno. Kompas.com/read/2018/07/05/09531027/tik-tok-punya-10-juta-penggunaaktif-di-indonesia.

Harahap, S Arifin. (2006). Dampak Berita Kriminal di TV. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Haryadi. (2006). Retorika Membaca Model, Metode, dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.

Juansyah, Andi. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted Global Postioning System (A-Gps) Dengan Platform Android. Universitas Kompiter Indonesia: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) Edisi. 1 Volume 1, ISSN: 2089-9033.

Sukirno, Sadono. (2009). Mikro Ekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v3i2.7638 Abstract views : 131 views : 108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.