ANALISIS NILAI-NILAI MULTIKULTURAL NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SMA

Chika Khairunisa Adi Djaya, Sandi Budiana, Tri Mahajani, Mukodas Mukodas

Abstract


Penelitian ini berfokus pada nilai-nilai multikultural dan implikasi teori nilai-nilai multikultural dalam novel laskar pelangi karya Andrea Hirata dalam pembelajaran di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam novel laskar pelangi karya Andrea Hirata dan implikasi teori nilai-nilai multikultural dalam novel laskar pelangi karya Andrea Hirata. Sesuai dengan objek penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu novel laskar pelangi karya Andrea Hirata yang terindikasi adanya nilai-nilai multikultural dalam novel tersebut. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deksriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik membaca dan mencatat secara berulang-ulang. Peneliti melakukan beberapa tahap dalam menganalisis data, yaitu mengkaji dan menganalisis data-data yang dipilih lalu diidentifikasi oleh peneliti. Setelah diidentifikasi, selanjutnya data diklasifikasikan sesuai dengan jenis kesalahan penggunaan preposisi dan mendeskripsikan nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam novel tersebut. tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi untuk mengecek nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam novel laskar pelangi karya Andrea Hirata yang ditemukan oleh peneliti.

Keywords


Nilai-nilai Multikultural; Novel

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Anwar, C. (2014). Hakikat Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: Suka Press.

Darma, B. (2019). Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Buku Kompas.

Dkk, H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Edy, A. d. (2018). Kajian Kesusastraan. Madiun: CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Giantoro, B. N. (2017). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS.

Hasim, F. A. (2010). Analisis Fiksi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Haslinda. (2019). Kajian Apresiasi Prosa Fiksi. Makassar: LPP Unismuh Makassar.

Hawa, M. (2017). Teori Sastra. Yogyakarta: Deepublish.

Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Khairiyah. (2020). Multikultur dalam Pendidikan Islam. Bengkulu: Zigie Utama.

Liliweri, A. (2021). Orientasi Nilai Budaya. Jakarta: NUSA MEDIA.

Mahfud, C. (2006). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, J. L. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosadakarya Rakyat.

Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Aceh: Alfabeta.

Mustafa, M. (2011). Kontruksi Filsafat Nilai Antara Normatifitas dan Realitas. Makassar: Alauddin University Press.

Nafilah, F. d. (2016). Teori Sastra. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.

Noor, Z. Z. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Nugrahani, A. I.-M. (2017). Pengkajian Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Parekh, B. (2008). Rethinking Multiculturalism. Yogyakarta: Kanisius.

Rusdiyana, Y. S. (2015). Pendidikan Multikultural. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Setiadi, E. M. (2017). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: PT. Ciptapustaka Media.

Suharyadi. (2014). Pengantar Ilmu Sastra. Lamongan: CV. Pustaka Ilalang Group.

Syukurman. (2020). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group.

Taufiq, A. (2017). Sastra Multikultur. Malang: Beranda.

Teeuw, A. (2015). Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Zakiya, R. (2014). Pendidikan Nilai. Bandung: CV. Pustaka Setia.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v3i2.7804 Abstract views : 103 views : 63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.