PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS CERITA INSPIRATIF DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Hadianto Arsan, Suhendra Suhendra, Yeni Ekawati

Abstract


Tujuan pembelajaran ini: (1) Menerapkan model PBL untuk meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks cerita inspiratif bahasa Indonesia kelas XI-D SMPN 4 Kota Bogor. (2) Untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam menerapkan model PBL pada pelajaran bahasa Indonesia khususnya teks cerita inspiratif. (3) Untuk mengetahui efektivitas penerapan model PBL menggunakan media video dalam meningkatkan kemampuan dalam menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks cerita inspiratif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di kelas XI-D SMPN 4 Kota Bogor pada semester II tahun pelajaran 2022—2023. Pelaksanaan tindakan ini terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan model PBL pada pembelajaran teks cerita inspiratif meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks  dengan skor persentase rata-rata ketuntasan dari mulai prasiklus: 3,3%, siklus I: 46,6%, dan siklus II: 86,67%. Rata-rata nilai yang diperoleh dari pra siklus: 31,73, siklus I: 61,26, dan siklus II: 89,36.

Keywords


PBL; menganalisis; bahasa Indonesia

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Cet. Ketiga; Jakarta: Balai Pustaka, 1990), h. 165.

Heryadi, Dedi. (2014). Model Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pustaka Billah.

Kamdi, W. dkk. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Negeri Malang. Malang

Kemendikbud. (2018). Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX. Jakarta: Kemendikbud.

Alisyahbana, S.Takdir. (1982). Tata Bahasa Baru Bahasa Indonesia. Jakarta: Dian Rakyat.

Kridalaksana, Harimurti. (2011). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta. Depdiknas

Nur Mustakim, Muh. (2005). Peran Cerita Dalam Pembentukan Perkembangan Anak TK. Jakarta.

Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Soedjito dan Saryono. (2011). Kosakata Bahasa Indonesia. Malang: Aditya Media Pustaka.

St. Y. Slamet. (2008). Dasar- Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta : UNS Press.

Suparno dan Mohammad Yunus. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v3i1.8173 Abstract views : 262 views : 141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.