PENERAPAN MEDIA PETA PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-D SMAN 10 BOGOR DALAM MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PENTING TOKOH BIOGRAFI

Lien Meliawati, Lusi Dahniar, Stella Talitha

Abstract


Pendidikan di Indonesia dihadapkan dengan beragam persoalan yang ditimbulkan oleh berbagai macam perubahan, seperti perubahan teknologi, perubahan budaya, dan perubahan kurikulum. Salah satunya mengimbangi perubahan tersebut dengan mempersiapkan proses pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan minat dan bakat siswa dengan memberikan stimulus berupa media yang interaktif. Media mind maping dapat mempermudah peserta didik dalam memperoleh informasi penting teks biografi, sebab terdapat peta pikiran yang direncanakan sebelumnya. Untuk memberikan kesan menyenangkan dan interaktif, penulis mengembangkan mind maping ke dalam bentuk peta pintar. Tujuan dari penelitian ini berfokus pada peningkatan hasil siswa dalam mengidentifikasi informasi penting tokoh biografi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang disusun dalam waktu dua siklus di kelas X-D SMAN 10 Bogor. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, angket, dan tes keterampilan. Dari hasil penelitian penerapan media peta pintar dapat meningkatkan hasil belajar. Pada siklus I, 13 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM dan keseluruhan nilai rata-rata siswa di kelas X-D yaitu 73. Setelah melaksanakan siklus II tidak terdapat siswa yang memiliki nilai di bawah KKM dan keseluruhan nilai rata-rata siswa 88. Hal ini menjadi bukti bahwa media peta pintar efektif, dikuatkan dengan data hasil angket yang menunjukan bahwa rata-rata anak memberi skor 5 pada setiap pertanyaan

Keywords


Peta Pintar; Teks Biografi; Penelitian Tindakan kelas Kolaboratif

References


Arifin. 2010. Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Lilin Persada Press.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusnadi, Cecep. Bambang Sujtipto. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nana Sudjana. (2005). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Priansa, J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumiati dan Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Umamah, Diyah. (2012). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Time Token Siswa Kelas VII B SMPN 3 Pakem Sleman. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v3i1.8174 Abstract views : 171 views : 106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.