PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) PADA SISWA KELAS IX-H SMP

Sinta Dwi Yuliani, Aam Nurjaman, Yeni Ekawati

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Teks Deskripsi Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Siswa Kelas IX-H SMP Negeri 4 Kota Bogor tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 (empat) tahapan menurut John Elliot yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 38 peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitaif dan kualitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, sedangkan teknik kualitatif digunakan mendeskripsikan hasil dari teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk data hasil kognitif peserta didik, peneliti menggunakan tes tulis sebagai teknik pengumpulan datanya. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian, penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas IX-H SMP Negeri 4 Kota Bogor. Hal tersebut dikatakan karena proses pembelajaran dilakukan dengan menghubungkan materi pembelajaran dengan latar belakang budaya serta relevan dengan kebiasaan dan kehidupan sehari-hari peserta didik. Melalui implementasi pendekatan tersebut, proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan dapat menyenangkan peserta didik karena sesuai dengan kebutuhan belajar mereka. Pendapat tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan tingkat kecapaian peserta didik yang menunjukkan ketuntasan dari siklus I yang memiliki persentase tuntas sebesar 53%, sedangkan pada siklus II persentase tuntas sebesar 79%.

Keywords


Hasil Belajar, Pendekatan CRT, Teks Deskripsi

References


AFani, Y., Sari, M., Damayani, A. T., Arif, A., Guru, P. P., Semarang, U. P., Negeri, S. D., & Kidul, P. (2024). Penerapan Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika. 8, 33143–33150.

Lasminawati, E., Kusnita, Y., & Merta, I. W. (2023). Meningkatakan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Probem Based Learning. Journal of Science and Education Research, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.49

Lesnussa, A. A. A., Saenab, S., & Rosdiana. (2024). Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching ( CRT ) Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA di SMP Negeri 3 Makassar Anastasya Ayu Ashari Lesnussa ; Sitti Saenab ; Rosdiana. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1484–1493.

Riapratiwi, G., Nur, A., & Hasan, N. R. (2024). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Di UPT SPF SMP Negeri 13 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 800.

Setiyawan, H., Widyaningrum, R., & Kupang, D. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Dengan Menerapkan Pendekatan Culturally Responsive Teaching ( CRT ) Pada Siswa Kelas IV SDN Jajartunggal 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(2), 167–173.

RIMANG, S. S., USMAN, H., & MANSUR, M. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At the Right Level and Culturally Responsive Teaching Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Ix Andi Page Smpn 1 Segeri Pangkep. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(4), 158–166. https://doi.org/10.51878/language.v3i4.2641

Wijaya, A., & Purnamasari, V. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Listening Team Dengan Media Audiovisual Tema 8 Kelas 3a Sd Negeri Wonotingal Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. 1(1). http://journal.upgris.ac.id/index.php/cm


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v4i2.8526 Abstract views : 3 views : 2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.