ANALISIS CIRI KEBAHASAAN TEKS BERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CIGOMBONG BOGOR

Esa Dewi Ratnasari, Ruyatul Hilal Mukhtar, Suhendra Suhendra, Ainiyah Ekowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ciri kebahasaan yang terdapat pada teks berita, dan mengetahui implikasi hasil penelitian tentang analisis ciri kebahasaan teks berita terhadap pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII di SMP. Fokus permasalahan penelitian ini adalah analisis ciri kebahasaan menurut teori Kosasih yang meliputi (1) bahasa standar (baku), (2) konjungsi bahwa, (3) keterangan waktu dan tempat, dan (4) konjungsi yang bermakna temporal atau penjumlahan serta implikasinya terhadap pembelajaran teks berita siswa kelas VII di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik dokumen. Objek penelitian ini adalah teks berita siswa kelas VII SMP. Sumber penelitian ini diperoleh dari 40 teks berita yang dibuat oleh siswa kelas VII-6 SMP Negeri 1 Cigombong Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 40 teks berita terdapat 134 data yang terdiri dari 1) bahasa standar (baku) sebanyak 15 data, dipresentasekan menjadi 11%, 2) konjungsi bahwa sebanyak 24 data berupa kutipan kalimat, dipresentasekan menjadi 18%, 3) konjungsi temporal atau penjumlahan sebanyak 17 data berupa kutipan kalimat, dipresentasekan menjadi 13%, 4) keterangan waktu dan tempat sebanyak 78 data berupa kutipan kalimat, dipresentasekan menjadi 58%. Berdasarkan data analisis tersebut, diketahui bahwa ciri kebahasaan teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cigombong Bogor yang paling banyak ditemukan adalah keterangan waktu dan tempat. Sementara ciri kebahasaan yang paling sedikit ditemukan adalah penggunaan bahasa standar (baku). Dari empat ciri kebahasaan yang dianalisis, penggunaan bahasa standar (baku), konjungsi bahwa dan konjungsi temporal masih belum dikuasai. Akan tetapi, siswa sudah mampu menunjukkan keterangan waktu dan tempat secara tepat.

Keywords


teks berita; ciri kebahasaan

References


Burch dan Grudnitski dalam (Fauzi, 2017:19-21). (2019). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Firdaus, W., & Tamsin, A. C. (2019). Karakteristik Struktur Dan Kebahasaan Teks Berita Karya Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(4), 35.

Giyanti, Afifah, R. N., & Wulandari, R. A. D. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Sintaksis Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas Viii Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. WACANA: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 3(1), 28–34.

Handini, A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Membaca Teks Berita Bagi Siswa SMP Kelas VIII. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 4(2), 233–241.

Metode, P., Berbasis, D., Cerita, M., Bergambar, L., Pembelajaran, D., & Firmansyah, D. (2018). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS MEDIA CERITA TEKS ANEKDOT PADA SISWA Pretest and postest Control Group Design. 1–5.

Nugrahani, F. (2014). Penelitian Pendidikan Bahasa. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, 1(1), 305.

Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam menulis teks berita. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 4.

Rindha, N. R., Padang, U. N., Hafrison, M., Padang, U. N., Tawar, A., & Barat, S. (2023). Ciri Kebahasaan Teks Berita Karya Siswa Kelas VIII SMPN 3 X Koto Kab. Tanah Datar. 2(1), 171–183.

Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe 8 Investigasi Kelompok di SMP. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 111.

Struktur, A., Kebahasaan, D. A. N., Dalam, B., Radar, A., Di, M., Lampung, R., Siregar, S. A., Dedi, F. S. O., & Wicaksono, A. (2021). ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN BERITA DALAM ACARA “ RADAR MALAM ” DI RADAR LAMPUNG TV. 1–10.

Sujarweni, W. (2014). METODELOGI PENELITIAN Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami (Cetakan Pe). PT. PUSTAKA BARU.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v3i2.8669 Abstract views : 137 views : 164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.