KOMUNIKASI INTERPERSONAL PELATIH DAN ATLET PENCAK SILAT KABUPATEN BOGOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PADA PORDA JAWA BARAT

Gilang . Mahardianto, Sardi . Duryatmo, Qoute Nuraini Cahyaningrum

Abstract


Komunikasi interpersonal berperan penting dalam setiap proses komunikasi, karena kemampuannya menembus pribadi seseorang dan memunculkan berbagai makna terhadap isi pesan yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi intepersonal pelatih dan atlet pencak silat Kabupaten Bogor dalam mempertahankan prestasi pada Porda Jawa Barat dan mengetahui hambatan komunikasi intepersonal pelatih dan atlet pencak silat Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengelaborasi indikator keterbukaan, empati, rasa positif, dukungan. Lokasi penelitian di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Kabupaten Bogor Jl. Karadenan No.4, Karadenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan temuan, masih terdapatnya hambatan komunikasi interpersonal antara pelatih dan atlet. Indikator komunikasi interpesonal berperan besar dalam meningkatkan prestasi atlet, sehingga penting bagi pelatih untuk mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang benar dengan atlet agar terbentuk hubungan yang harmonis antara pelatih dan atlet.Hambatan yang dihadapi adalah masih minimnya keterbukaan, empati, rasa positif, dukungan, kesamaan.

Kata kunci: Atlet, komunikasi interpersonal, pelatih, prestasi

 


References


Agus, Hardjana. 2013. Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi Interpersonal.

Yogyakarta: Kanisius

Alo Liliweri, (2017). Komunikasi Antarpersonal. Jakarta. Grasindo

Arikunto, S (2006)"Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik" Jakarta:

Pt Rineka Cipta.

Azhari, H. T., Nuraeni, Y., & Astriani, R. (2023). Komunikasi interpersonal antara pelatih dan

atlet disabilitas dalam menumbuhkan motivasi dan prestasi (studi deskriptif atlet tenis meja

disabilitas NPCI DKI Jakarta). Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 63-69.

Carapeboka, R. M., Amanda, A., & Sanjaya, B. (2022). Komunikasi Interpersonal antara Pelatih

dan Atlet Dalam Meningkatkan Prestasi di Badminton Plajoe Selection. Jurnal Pengabdian

Mandiri, 1(7), 1217-1222.

DeVito, J. A. (2013). Interpersonal communication book, The, 13/E. New York, NY: United.

Hamdani, R. A., & Sartono, H. (2021). Tingkat Percaya Diri Atlet Cabang Olahraga Individual

dan Beregu. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 13(1), 25-31.

Kusuma, E. T., & Rindaningsih, I. (2024). Manajemen Kepelatihan dalam Membangun Mental

Juara pada Atlet. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 17-17.

Nurrachmad, L., Suraya, F., & Irawan, F. A. (2022). Interpersonal Communication Between

Athletes and Coaches of Student Activity Units in Unnes. Jurnal Profesi Keguruan, 6(2),

-242.

Triana, J., Irawan, S., & Windrawanto, Y. (2019). Hubungan antara kepercayaan diri dengan

kecemasan bertanding atlet pencak silat dalam menghadapi Salatiga cup 2018. Psikologi

Konseling, 10(2


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v30i2.11856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.