Pembelajaran Kanji dengan Permainan Kartu dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca

Alo Karyati, Yelni Rahmawati

Abstract


Abstrak

Kanji merupakan mata kuliah yang cukup sulit bagi pembelajar bahasa Jepang. Kanji pun sering menjadi momok bagi para pembelajar. Banyak mahasiswa yang merasa jenuh ketika mengikuti perkuliahan kanji. Karena  dalam pembelajaran kanji biasanya hanya menulis dan membaca, kuliah berikutnya seperti itu saja. Oleh karena itu, perlu metode atau teknik agar kanji itu tidak menjadi momok yang menakutkan bagi para pembelajar. Selama mengajar kanji banyak model pembelajaran yang sudah peneliti gunakan, seperti : Flash card, menulis di udara, permainan bingo, ular tangga dan lain-lain. Dari beberapa model yang pernah peneliti gunakan, hasilnya kurang maksimal.  Oleh karena itu, untuk mencapai hasil maksimal peneliti mencoba menggunakan model  pengajaran  menggunakan permainan kartu dengan objek  penelitiannya adalah mahasiswa Prodi Jepang FISIB Universitas Pakuan Bogor. Pada penelitian ini model pembelajarannya menggunakan permainan kartu. Rumusan masalah pada peneltian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan mahasiswa  sebelum menggunakan Permaninan Kartu? (2) Bagaimana  kemampuan Mahasiswa mahasiswa setelah menggunakan metode  Permanian Kartu? (3) Adakah perbedaan kemampuan mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan   Permanian Kartu? (4) Apakah   Permanian Kartu dapat meningkatkan kemampuan kanji mahasiswa? (5) Bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran Kanji  menggunakan Permanian Kartu ?

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan Mahasiswa mahasiswa sebelum    menggunakan Permanian Kartu. (2) Mengetahui kemampuan Mahasiswa mahasiswa setelah menggunakan metode Permanian Kartu. (3) Mengetahui perbedaan kemampuan mahasiswa sebelum dan sesudah  menggunakan Permanian Kartu. (4) Mengetahui apakah  Permanian Kartu Kanji dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa. (5) Mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran Kanji menggunakan Permanian Kartu. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen), yang memfokuskan pada satu kelas yang diteliti. Instrumen penelitiannya adalah tes (pretest dan postest), angket, dan wawancara. Teknik pengumpulan data untuk menunjang penelitian ini melalui: Observasi di kelas, angket yang dibagikan kepada beberapa mahasiswa yang menjadi objek penelitian. Penelitian dilaksanakan di Prodi Bahasa Jepang Universitas Pakuan Bogor. Sampel penelitian sebanyak 15   orang. Tahap penelitiannya dimulai dari penentuan sample penelitian, memberikan pretest berupa test tulis, observasi di kelas sambil memberikan treatment, dan pemberian postest berupa test tulis juga. Hasil analisis dari penelitian ini, diketahui bahwa kemampuan membaca mahasiswa kanji  sesudah menggunakan metode permainan kartu meningkat. Hal ini terlihat  dari nilai pretest  yang didapat dengan  nilai terkecil (33) dan nilai terbesar (90) , dan setelah menggunakan metode permainan kartu didapat nilai terendah (74) dan nilai terbesar (99).

Kata Kunci : Pembelajaran , kanji,  Permainan kartu, kemampuan  membaca


References


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Prasetiani & Dinner. 2014. Jurnal Izumi. Universitas Negeri Semarang

Renariah. 2004. Universitas Pendidikan Indonesia

Renariah. 2004. Kanji Bahasa Jepang Itu Menyenangkan. Forum Pendidikan Bahasa Jepang UPI. Bandung: Program Pendidikan Bahasa Jepang. Jurusan Pendidikan Bahasa Asing FPBS UPI Volume 1

Sudjianto dan Dahidi Ahmad. 2003. Pengantar Linguistik. Bandung: Kesaint Blanc.

Yoshiaki Takebe. 1982. kanji No Youho. Tokyo: Aruku.

Zacky. 2018. https://www.zonareferensi.com Browsing 6 Januari 2018

Biodata

Alo Karyati, M.Pd. adalah dosen Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Pakuan.

Yelni Rahmawati, M.Hum. adalah dosen Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Pakuan.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v25i1.1214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.