TEKS NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK†KARYA AHMAD TOHARI DALAM KAJIAN PENCIPTAAN SENI TARI

Atang Supriatna, Prapto Waluyo, Agatha Trisari S

Abstract


ABSTRAK

 

            Penelitian ini mengangkat masalah apakah teks novel dapat dijadikan sumber inspirasi penciptaan seni tari. Berkaitan dengan masalah tersebut maka novel yang dijadikan materi penelitian adalah novel Ronggeng Dukuh Paruk (Sebuah Catatan untuk Emak). Novel ini merupakan buku pertama dari trilogi Ahmad Tohari, yaitu Ronggeng Dukuh Paruk, Lintang Kemuskus Dini Hari, dan Jantera Bianglala. Ronggeng Dukuh Paruk menceritakan tentang kehidupan seorang ronggeng atau penari.

            Teks Ronggeng Dukuh Paruk dalam penelitian ini dikaji dengan menggunakan pendekatan intrinsik secara khsusu yang dipergunakan adalah teori fiksi dari Robert Stanton. Teori ini fokus pada tiga hal, yaitu karakter, alur, dan latar belakang. Karakter dalam hal ini antara lain adalah bagaimana deskripsi tokoh utama dalam kegiatan sehari-hari berkaitan dengan kehidupannya. Srinthil adalah seorang penari, oleh karena itu deskripsi kegiatan Srinthil tersebut dipaparkan secara jelas dalam teks novel tersebut.

            Dari hasil kajian dapat dilihat bahwa gerakan dalam tarian yang ditarikan oleh Srinthil ternyata berkaitan erat dengan beberapa konsep penciptaan seni tari, yaitu ada rangsang visual, rangsang audio, dan rangsang ide. Berkaitan dengan struktur, terdapat pembukaan, isi tarian, dan penutup. Teks sebuah novel dapat dikaji dan menjadi inspirasi dalam penciptaan seni tari.

 

Kata kunci: kajian tari, penciptaan tari, Ronggeng Dukuh Paruk


References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Tohari, 2002, Ronggeng Dukuh Paruk.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Clair Holt, 1966, Art In Indonesia, Continuities And Change. Ithaca New York : Cornel University Press

Hellwig, Tinneke.2003.In The Shadow of Change. Citra Perempian dalam Sastra Indonesia.Jakarta: Desantara Utama.

Puji Santosa, 2015, Metodologi Penelitian Sastra. Paradigma, Proposal, Pelaporan, dan Penerapan. Yogyakarta : Azzagrafika

R.M. Soedarsono. 1990, Seni Pertunjukkan Jawa Tradisional dan Pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jakarta : Depdikbud

Stanton, Robert.2012, Teori Fiksi. Terjemahan : Sugihastuti. Yogyakarta : Pustaka Pelajar


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v25i1.1215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.